Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Imbau Masyarakat Jangan Terlibat Rentenir

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28747.jpg

    KAB BANDUNG - Bupati Bandung H. Dadang M Naser, S.H, S.Ip, M.Ip mengimbau kepada masyarakat dan para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bandung terutama yang berada di wilayah pedesaan agar tidak meminjam uang kepada rentenir yang mematok bunga cukup besar.

    “Saya imbau kepada masyarakat, terutama para pelaku UMKM, untuk tidak terlibat dengan bank keliling. Walaupun bank keliling lebih cepat pelayanannya dari bank syariah atau bank konvensional, namun bunga yang dikenakan sangat memberatkan,” ujar Bupati Bandung pada acara launching Lokakarya dan Pelantikan Pengurus Organisasi Satuan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Orsat ICMI) di Gedung Mohamad Toha Soreang, Kamis (5/7).

    Bupati berujar ICMI melalui Baitul Maal wat Tamwil (BMT) nya bisa menjadi kepanjangan tangan dari perbankan syariah yang nantinya akan bermitra dengan BUMDes. Kemitraan ini setidaknya bisa mengubah kebiasaan masyarakat untuk tidak meminjam uang kepada bank keliling.

    “BUMDes harus ada di setiap Desa yang sistemnya sama seperti koperasi. Sedangkan ICMI melalui BMT dapat berperan dalam pemberdayaan BUMDes, karena merupakan kepanjangan tangan dari perbankan syariah untuk menjangkau pelaku usaha di Kecamatan bahkan sampai Desa, sehingga masyarakat bisa terhindar dari jeratan rentenir,” jelasnya.

    Menurutnya BUMDes juga bisa meminimalisir angka pengangguran terutama di daerah pedesaan.

    “BUMDes bisa menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran terutama bagi warga desa. Nilai bisnis di setiap desa juga bisa ditingkatkan melalui kerja sama permodalan dengan perbankan, terutama perbankan syariah,” urai Dadang Naser.

    Dalam acara tersebut dilantik 310 pengurus Orsat ICMI oleh Ketua ICMI Organisasi Daerah (Orda) Kabupaten Bandung, yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung, Drs. H. Dah Saepullah, M.MPd.

    Dengan dilantiknya kepengurusan baru Orsat ICMI, Bupati berharap ICMI menunjukan identitasnya sebagai organisasi para cendekiawan muslim yang mengedepankan intelektualitas dan nilai-nilai islam.

    “ICMI dan pemangku kepentingan terkait harus dapat merapatkan barisan, terus menjaga, memelihara serta meningkatkan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Bandung yang maju, mandiri dan berdaya saing,” tandas bupati.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus