Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hening: Perkembangan TIK Tawarkan Solusi Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29404.jpg

    BANDUNG - Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada dasawarsa ini telah memunculkan sebuah babak baru yang dikenal dengan istilah Smart City/Smart Province, yang lebih mengedepankan pada layanan publik berbasis teknologi informasi dan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

    Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko, untuk akselerasinya diperlukan peran pemerintah dalam penyediaan sarana dan prasarana bagi pengembangan TIK, salah satu implementasinya adalah pengembangan sistem layanan aptika terintegrasi.

    "Pengembangan sistem layanan aptika terintegrasi merupakan salah satu langkah strategi pemerintah dalam upaya melakukan pemetaan masalah, percepatan pembangunan infrastruktur berbasis TIK, pemanfaatan TIK melalui sistem terintegrasi, implementasi standar akuntansi pemerintahan berbasis aktual sesuai hasil audit BPK," ucapnya.

    Menurut Hening, perkembangan teknologi dan komunikasi telah menawarkan solusi untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik yang lebih berbasis kepada Good Governance.

    "Kesiapan SDM, regulasi, anggaran dana, sarana dan prasarana adalah hal mutlak yang harus disediakan dalam penyelenggaraan E-Government," kata Hening, dalam sambutan di acara Bimtek  Sistem Layanan Aptika Terintegrasi, di eL Royal, Rabu (15/08).

    Hening mengatakan salah satu tujuan implementasi E-Government adalah agar lembaga pemerintah mampu menyediakan pelayanan publik yang lebih baik, dalam hal ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk merintis dan memulai hal yang baru dalam birokrasi.

    "Pemanfaatan E-Government bagi birokrasi diharapkan dapat menjadi alternatif bagi reformasi birokrasi menuju pelayanan yang lebih baik," katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus