Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    HUT RI-73, Guru Asah Kreativitas Lewat Lomba SKJ

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29424.jpg

    BANDUNG-Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-73, perguruan Darul Hikam mengelar Lomba senam Kesehatan Jasmani (SKJ) yang diikuti oleh seluruh staf pengajar lembaga pendidikan tersebut. 

    Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri Ramadanti menjelaskan, setiap tahun mengadakan lomba antar sekolah yang melibatkan siswa maupun guru. Tujuan diadakan lomba ini sesuai dengan fokus pembelajaran di Darul Hikam meliputi intelektual, iman dan nafsu (emosional pleasure). 

    "Kalau gurunya mendidik jasmani maka harus sehat dulu kan, itu yang utama," katanya kepada wartawan di kampus Darul Hikam Dago Giri Kabupaten Bandung Barat, Kamis (17/8/2018).

    Selain itu, kata Ruri, pihaknya ikut berpartisipasi dalam program pemerintah yakni Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). SKJ juga guna merangsang kreativitas dari para pengajar Darul Hikam, dimana mereka dituntut untuk berinovasi membuat gerakan yang menarik dengan iringan musik.

    "Kita berharap kreativitas guru muncul dengan SKJ ini," ujarnya.

    Sementara itu, dalam peringatan HUT RI Ke-73, Darul Hikam juga menggelar lomba short video tentang Berahlak dan Berprestasi. Jadi implementasi pendidikan berahlak bereprestasi di sekolah masing-masing akan dipublikasikan melalui media sosial seperti instagram Darul Hikam. Sedangkan untuk perlombaan antar siswa dilakukan di sekolah masing-masing dengan beragam perlombaan.

    "Ada dua jenis penilaiannya yakni nilai estetika dan sinematografinya, kemudian seberapa banyak video itu di like  oleh followernya," ungkapnya. 

    Menurutnya, perbedaan lomba Agustusan tahun ini hanya dalam segi pengembangannya. Misalnya, tahun ini lebih ke arah jasmani karena mendukung program pemerintah Germas. Sedangkan untuk perlombaan tahun sebelumnya lebih bersifat keagamaan. Bahkan tahun sebelumnya lagi perlombaannya lebih difokuskan ke pengetahuam umum. "Kita ingin mengembangkan semua aspek daripara guru," katanya. 

    Adapun, Ketua Panitia Lomba SKJ sekaligus Kepala Biro Akdemik II Darul Hikam, Momon Kariman menambahkan pihaknya ingin lebih mensosialisasikan kembali agar lebih peduli akan kesehatan jasmani dan rohaninya.

    "Dengan pertumbangan SDM yang sedikit sehingga yang mengikuti lomba ini terdiri dari 12 regu," ujarnya.

    Lomba SKJ ini diikuti 8 unit atau Divisi dari 8 asrama, dengan jumlah sekitar 30 peserta, dengan juri yang berasal dari pihak yayasan Darul Hikam, kalangan akademisi seperti FPOK UPI Bandung dan atlet. Untuk, kategori penilaian lomba terdiri dari inovasi gerakan, kekompakan dan kostum yang digunakan peserta. 

    "Untuk juara I akan mendapatkan Tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta, Juara II (Tropy dan Rp1 juta) sedangkan Juara III (Tropy dan Rp700 ribu),"pungkasnya (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus