Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Himbau Kabupaten/Kota Sinergis Antisipasi Urbanisasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gubophos.JPG

    Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan (31/8) yang dihubungi wartawan di sela-sela kegiatan open house di Gedung Pakuan menegaskan jumlah penduduk di Jabar yang kini telah mencapai 43 juta jiwa dinilai sudah cukup  padat.  Merujuk kepada pengalaman di tahun-tahun yang lalu, pasca suasana mudik Lebaran, ada kalanya pemudik membawa sanak famili ke beberapa daerah di Jabar. Keadaan tersebut, akan berdampak pada bertambah kembalinya jumlah penduduk di Jabar.

    Dilatarbelakangi oleh sisi kewenangan pengendalian kependudukan ada pada Kabupaten/Kota maka seluruh Kota/Kabupaten di Jabar diminta untuk sinergis melakukan langkah antisipasi atau mengurangi urbanisasi. Gubernur, lebih lanjut memaparkan banyak cara untuk mengantisipasi arus urbanisasi. Untuk Pemprov. Jabar sendiri kini tengah memperkuat program-program pembangunan di pedesaan. Program tersebut dapat bersinergi dengan program-program pengembangan agribisnis apalagi di Jabar potensinya cukup banyak, yang tersebar di perikanan, peternakan, perkebunan dan pertanian.

    Sementara itu, kepada mahasiswa yang menekuni bidang agribisnis diminta agar selesai studi dapat kembali ke daerahnya masing-masing dan diminta dapat berperan serta memajukan pembangunan di sektor agribisnis.  Di sisi lain, menghadapi situasi arus balik kepada para pemudik tidak membawa sanak familinya dan kepada Kabupaten/Kota diminta selektif menerima kedatangan penduduk pendatang. Untuk format penangannya, ujar Gubernur  diserahkan kepada Kabupaten/Kota.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus