Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bahas Sinergitas Program, Ridwan Kamil Kumpulkan Sekda se- Jabar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29838.jpg

    BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumpulkan Sekretaris Daerah (Sekda) se-Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/9/2018).

    Acara bertajuk Sinergitas Pembangunan ini dihadiri oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekda Jabar Iwa Karniwa dan seluruh pejabat eselon II Pemprov Jabar. Ridwan Kamil sendiri saat acara dimulai pukul 10.00 belum muncul karena masih di Polda Jabar.

    Sekda Iwa Karniwa mengatakan ada 25 Sekda hadir pada acara ini kecuali Sekda Bogor dan Sekda Kuningan yang dilaporkan sakit. Sementara eselon II hanya empat pejabat yang tidak hadir karena tengah ada acara yang tidak bisa diwakilkan. 

    “Acara ini bagian dari implementasi peraturan pemerintah dimana gubernur adalah sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Berdasarkan PP tersebut Pak Gubernur dan Pak Wagub akan memberikan informasi langsung terkait visi misi dan janji kampanye dimana sekarang dalam proses diajukan untuk pembahasan menjadi Perda RPJMD 2018-2023,” paparnya.

    Menurutnya berdasarkan Pasal 91 ayat 1 Undang-Undang 23/2014, gubernur memiliki kewajiban menyelaraskan perencanaan pembangunan di kabupaten/kota. Karena itu Iwa menilai acara ini merupakan bentuk komitmen kepemimpinan baru di Jawa Barat.

    “Ini sinyal yang kuat dari kepemimpinan Pak Ridwan Kamil dan Kang Uu saat ini dalam membangun sinergitas dengan pemerintah kabupten/kota se Jawa Barat. Ini untuk mewujudkan Jabar juara lahir batin dalam kolaborasi dan inovasi,” tuturnya.

    Wagub Uu Ruzhanul juga mengatakan acara ini digelar supaya ada kesinambungan antara pembangunan di provinsi dan daerah. Meski RPJMD belum disahkan, pihaknya bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menyampaikan gambaran rencana Pemprov Jabar membangun hubungan inovatif dan kolaboratif dengan daerah.

    ”Beliau tidak berharap program provinsi tidak nyambung dengan kabupaten/kota. Sekalipun ada yang bilang bupati adalah raja kecil itu betul tapi dengan kolaboratif jadi punya tujuan yang sama,” katanya.

    Dia mengumpamakan pesawat terbang yang akan berangkat menuju daerah tujuan memiliki titik koordinat yang jelas meski ada gangguan atau perubahan di perjalanan namun dengan tujuan yang sama, pesawat akan tiba di tujuan dengan selamat. “Artinya tujuan yang akan dituju sama menuju masyarakat adil dan sejahtera,” ujarnya.

    Karena itu Uu mewanti-wanti para sekda untuk tidak menandantangan ajuan program yang ditawarkan pihak provinsi namun tidak sesuai visi misi Ridwan Kamil-Uu. “Di masa yang akan datang para sekda memilih dan memilah program apa yang dimohonkan kabupaten/kota,” katanya. 

    Sembari menunggu Emil datang, Sekda Iwa memimpin evaluasi kinerja pemerintah daerah hingga catatan evaluasi keuangan. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus