Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Relawan PMI Siap "Merawat" Citarum

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29923.jpg

    PURWAKARTA-Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyebut kebersihan sungai Citarum sebagai urat nadi Jawa Barat, merupakan harga mati.

    "Selagi kerusakan lingkungan ini bisa berimplikasi terhadap bencana sosial, maka kita siap membantu. Termasuk, mendukung program Citarum harum," ujar Mensos Agus, pada acara pembukaan Temu Karya Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/09/2018) sore.

    Agus menerangkan, dalam misi kemanusiaan, peran para relawan PMI tak hanya melulu mengurusi soal korban bencana alam. Akan tetapi, kerusakan lingkungan yang jadi tanggung jawab bersama, juga termasuk tugas para relawan PMI di dalamnya.

    "Maka momen temu karya ini sangat tepat, sebab lokasinya persis di bibir Waduk Jatiluhur," kata Agus.

    Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menyebut seluruh pihak bisa mendukung atas terealisasinya program Citarum Harum. Termasuk, para relawan PMI yang memiliki tugas mewujudkan kesejahteraan sosial.

    Sementara, misi Citarum Harum juga merupakan misi kemanusiaan yang erat hubungannya dengan kesejahteraan sosial.

    Maka, lanjut Uu, Pemerintah bersama PMI, beserta seluruh pemangku kepantingan, wajib berupaya demi kesejahteraan masyarakat, khususnya terkait revitalisasi sungai Citarum ini.

    "Kepalangmerahan perannya sangat besar. Di Jawa Barat peran PMI sangat terasa oleh masyarakat, PMI sangat membantu Pemerintah membantu persoalan kemanusiaan," kata Uu.

    Karena itulah kata Uu, momentum Temu Karya menjadi sarana untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Uu berpesan, supaya PMI selalu sukses dan eksis dalam melaksanakan misi-misi kemanusiaan.

    Sementara itu, Ketua Pelaksana Temu Karya Relawan PMI, Muhammad Muas mengaku, dari 5.790 relawan yang hadir, pihaknya akan menurunkan sekitar 1.000 relawan untuk bergerak di program Citarum Harum.

    "Beberapa di antaranya dengan membersihkan sampah, tanam pohon, dan membuat bio pori," ujarnya.

    Adapun kegiatan Temu Karya Relawan PMI sendiri, akan berlangsung tanggal 17-22 September 2018.  Pun pada kegiatan yang bertepatan dengan peringatan HUT PMI ke-73 ini adalah sebagai momentum untuk menjunjung tinggi solidaritas dan semangat kepahlawanan para relawan.

    "Relawan adalah sebuah nilai yang universal, menolong sesama adalah wujud paling sederhana," katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus