Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    TNI/Polri Siap Jaga Netralitas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29946.jpg

    BANDUNG–Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto mengatakan tahapan Pilkada Jabar 2018 berjalan aman dan lancar hingga pada titik pelantikan. Kondisi ini menurutnya harus tetap terjaga pada Pileg dan Pilpres.

    Dalam apel kesiapan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Sabuga Bandung, ia mengatakan pelaksanaan berjalan aman dan lancar karena kolaborasi yang harmonis antara TNI, Polri dan masyarakat.

    Salah satu yang membuat Pileg dan Pilpres 2018 akan berjalan aman dan lancar adalah karena sikap netralitas TNI dan Polri. Hal itu sudah dibuktikan pada Pilkada 2018 lalu dimana tidak ada satupun laporan dari KPU dan Bawaslu yang menemukan adanya anggota yang tidak netral.

    “Kapolri menegaskan harus tetap menjaga netralitas. Dengan demikian maka masyarakat akan semkain yakin dan percaya kepada Polri dalam komitmennya menjaga negara dan bangsa,” tegasnya.

    Ia juga menyatakan perlunya optimalisasi deteksi dini yang dilanjutkan dengan upaya pencegahan terhadap kemungkinan ancaman bahaya dan terorisme. Kapolri, menurutnya juga mendorong kepada penyelenggara Pilpres dan Pileg antara lain KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat dan lainnnya untuk menggelorakan deklrasi pemilu damai.

    “Juga ditegaskan agar ada penegakan hukum secara profesional dan proporsional dan sinergi yang baik antara TNI dan Polri untuk setiap pelanggaran yang terjadi, dengan mengedepankan suasana kondusif,” tegasnya.

    Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kerawanan Pilpres tidak terlalu dikhawatirkan, namun yang harus diwaspadai adalah Pileg. Sebab menurutnya Pileg akan diikuti oleh banyak calon, bahkan ada persaingan antara calon di tingkat desa atau kecamatan, sehingga lebih rawan.

    Ia juga mengimbau kepada politisi untuk lebih mengedepankan silaturahmi agar tidak terjadi gesekan dilapangan.

    “Setidaknya kalau di tingkat elit politik aman, silaturahmi, maka kerawanan tingkat ranting atau terbawah bisa diminimalisir,” tegasnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus