Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gali Potensi Unggulan Daerah, Tim Ekspedisi APPSI Tiba di Jawa Barat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30217.jpg

    BANDUNG-Tim Ekspedisi Jalur Darat Asosiasi Pemerintah Provinsi Indonesia (APPSI) telah tiba di Jawa Barat. Tim ini akan menggali berbagai potensi komoditas unggulan dan pariwisata di Jabar.

    Tim diterima langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin pagi (8/10/18). Ridwan Kamil adalah gubernur ke-13 yang dikunjungi oleh Tim Ekspedisi dari 34 gubernur yang akan disambangi.

    Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memberikan apesiasi kepada Tim Ekspedisi APPSI ini. Hal ini sebagai upaya konkrit membuka keran kerjasama yang bisa dilakukan antardaerah terutama untuk perdagangan regional.

    "Pada dasarnya kita berharap dengan sebuah kekompakan daerah ini bisa saling mengisi," ujar Emil.

    "Sering kali karena informasinya tidak memadai maka banyak keputusan yang diambil tidak saling menguntungkan," lanjutnya.

    Emil mencontohkan banyak produk komoditas yang diimpor dari luar negeri, padahal komoditas tersebut ada di provinsi lain di Tanah Air.

    "Ini betul-betul butuh koneksi saja. Tim ini saya harapkan bisa menjadi 'penjahit' mengkonek (menyambungkan-red) potensi ekonomi yang sekarang slow karena nggak ngerti beli kemana jual kemana," harapnya.

    Ketua Tim Ekpedisi Kiagus Firdaus mengatakan, melalui ekspedisi ini akan dibuat tabulasi suply-demand berbagai komoditas. Tabulasi ini menjadi pedoman sinergi kerjasama perdagangan antardaerah.

    "APPSI ingin dengan adanya wadah 34 gubernur ini dapat membuat tabulasi suply-demand yang selama ini tidak terkoneksi dengan baik, semuanya langsung menuju Jakarta," kata Kiagus.

    Selain itu, tujuan ekspedisi ini juga diharapkan bisa mengupas atau mengeksplorasi apa yang dimiliki Jawa Barat agar terekspos ke daerah lain seperti untuk potensi pariwisata.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus