Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Sarankan Walkot Bandung Tetap Lantik Calon Sekda Benny

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30730.jpg

    BANDUNG—Hasil konsultasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait posisi Sekda Kota Bandung memastikan Benny Bachtiar harus tetap dilantik.

    Kepala BKD Jabar Sumarwan Hadisoemarto mengatakan konsultasi sudah dilakukan pihaknya dengan Kemendagri pada pekan lalu. Namun tidak ada perubahan sikap dan keputusan dari Pusat terkait polemik Sekda Kota Bandung.

    "Intinya mereka tetap pada keputusan pertama. Silakan  (Benny) dilantik kemudian ajukan evaluasi, kalau tidak sesuai target wali kota, silakan usulkan pergantian dengan berkordinasi bersama kemendagri juga," katanya pada wartawan di Bandung, Jumat (16/11/2018).

    Karena permasalahan ini kuncinya ada di Kemendagri, idealnya Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri harus juga mengundang Pemkot Bandung. Menurutnya keputusan ini tidak bisa dipersalahkan pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

    “Dikarenakan proses seleksi terjadi ketika Ridwan Kamil masih menjabat sebagai Wali Kota. Sebagai Wali Kota memang normatifnya seperti itu, punya kewenangan memilih Sekda,” ujarnya. 

    Menurutnya secara normatif pula Kemendagri sebetulnya sudah menyatakan persoalan ini selesai dengan surat jawaban atas permohonan Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajukan nama Ema Sumarna yang tetap ditolak. "Normatifnya,  dirjen otda sudah nyatakan selesai. Kemarin udah ada suratnya pas saya konsultasi, lanjut saja. Dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pun juga turun," katanya.

    Sumarwan menilai pelantikan Benny dan kemudian dilakukan pergatian menjadi solusi tepat karena sesuai aturan perundang-undangan. Dan untuk evaluasi sekda, sesuai dengan undang-undang yang berlaku itu evaluasi dilakukan setelah satu tahun bekerja kemudian diberikan waktu enam bulan kesempatan untuk mmeperbaiki kinerja.

    Namun bisa saja evaluasi dilakukan kurang dari setahun hal itu jika sekda terkait benar-benar tidak bisa bekerja sama dengan walikota dan jajarannya.  "Nanti ada tim khusus dari kemendagri untuk investigasi," ujarnya.

    Pihaknya mengaku membuka ruang konsultasi pada Pemkot Bandung agar keputusan ini bisa dijalankan dan polemic pelantikan ini segera teratasi. “Wastukencana ke Diponegoro kan deket,” ujarnya.

    Sebelumnya, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya telah mendapat surat rekomendasi dari Kemdagri dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai balasan dari surat yang dilayangkan Wali Kota Oded terkait  penggantian nama Sekda Bandung pada 29 Oktober lalu. 

    Iwa memastikan Kemendagri dan KASN tetap meminta agar Oded tetap melantik Benny Bachtiar menjadi Sekda. Selaras dengan hal itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun menguasakan perintah pusat ini pada Iwa untuk menyampaikan pada Oded.
     
    "Gubernur beri arahan dan saya sudah menandatangani atas surat kuasa bapak gubernur untuk meminta kepada Wali Kota Bandung melaksanakan yang sudah rekomendasi tertulis dari Kemendagri maupun dari KASN itulah yang harus dilaksanakan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (7/11/2018). (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus