Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RSHS Siap Penuhi Kebutuhan Bagi Pasien Disabilitas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30900.jpg

    BANDUNG-Berdasarkan Undang-Undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas Pasal 19, menyatakan bahwa Hak Pelayanan Publik untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak memperoleh akomodasi yang layak dalam pelayanan publik secara optimal, wajar, bermartabat tanpa diskriminasi; dan pendampingan, penerjemahan, dan penyediaan fasilitas yang mudah diakses di tempat layanan publik tanpa tambahan biaya. 

    Oleh karena itu, tersedianya sarana bagi penyandang disabilitas yang datang ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sebagai rumah sakit Pusat Rujukan Nasional menjadi sangat penting.

    Berdasarkan pertimbangan tersebut maka dalam rangka menyongsong  Hari Disabilitas kali ini RSHS memilih tema “RSHS PEDULI DISABILITAS” dan melengkapi fasilitas khusus bagi disabilitas; seperti toilet, area berjalan, dan informasi bagi penyandang disabilitas. Kegiatan/penyediaan fasilitas tersebut akan memudahkan para penyandang disabilitas saat berkunjung ke RSHS.

    Direktur Medik RSHS Bandung, Nucki Nursjamsi mengatakan, RSHS akan memperlakukan para disabilitas ini sebagaimana pasien yang lain sehingga RSHS mempunyai kewajiban menyiapkan sarana dan prasarana bagi mereka.

    “Kita siapkan aturan bagaimana pasien masuk, klinik khusus, loket khusus, jalur khusus kemudian ada tempat khusus bagi mereka dan sampai sarana yang lain seperti toilet, akses lift dan yang lain,” ucapnya.

    Menurut Nucki, meski fasilitas sarana dan prasarana untuk memberi kemudahan bagi pasien disabilitas tersebut belum sepenuhnya terpenuhi, namun pihaknya terus membangun dan bergerak ke arah sana.

    “Kalau presentase saya beum tahu persis ya, yang pasti akses sudah mulai dimana setiap pembangunan yang baru kita harus memperhatikan fasilitas sarana untuk disabilitas,” kata Nucki, di RSHS Bandung, Senin (03/12). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus