Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Jabar Gelar Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK)

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30943.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat akan menggelar Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, yang akan berlangsung mulai tanggal 10-14 Desember 2018 di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat, Jalan Diponegoro Kota Bandung.

    Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan,  MQK yang akan diikuti oleh puluhan pesantren dari seluruh Jawa Barat ini akan melombakan 3 kategori, yaitu lomba membaca kitab, lomba menghafal kitab dan lomba pidato bahasa Indonesia.

    "Dalam lomba ini kitab yang digunakan kitab kuning serta untuk lomba pidato ada 3 topik, di antaranya peran pesantren dalam menangani hoax dan radikalisme, tentang wawasan kebangsaan serta merawat dalam keragaman untuk menjaga NKRI," ucapnya.

    Wagub menyatakan, lomba yang baru pertamakali diadakan di tingkat Jawa Barat ini bertujuan untuk membangun silaturahim antara pesantren yang ada di Jabar sehingga saling kenal, mengevaluasi para santri oleh para kiainya sudah sejauh mana ilmu yang diberikan, serta memberikan rasa berani kepada santri untuk bisa berbicara di muka umum.

    "Selama ini mereka di desa, atau di kobong (pesantren) saja, tapi sekarang mereka harus ke kota, mereka juga harus pandai berbicara ini syarat mutlak bagaimana kalo nanti mau menyebarkan agama dan melatih keberanian untuk tampil di depan umum," katanya.

    Wagub nyatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari mempersiapkan anak muda di Jawa Barat sebagai manusia yang bertaqwa dan berahlaq mulia sesuai nawacita Presiden RI Joko Widodo yaitu meningkatkan pendidikan karakter.

    "Dengan moral dan akhlak yang baik akan kembali kepada keimanan dan ketaqwaan dan kembali kepada ilmu yang dimiliki sebagai akselerasi visi misi Jawa Barat yaitu Jabar Juara Lahir Batin," tegas Wagub, dalam Jawa Barat Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Kamis (06/12). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus