Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Puluhan Warga Ibun, Tuntut Pembebasan 5 Warganya

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_demo-2787.jpg

    KAB. BANDUNG – Puluhan warga Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung yang kebanyakan terdiri dari ibu-ibu mendatangi Pengadilan Negeri Bale Bandung Rabu pagi (12/10). Mereka menuntut pengadilan membebaskan 5 warganya yang terkena kasus tuduhan pencurian kayu dari hutan. Kedatangan mereka didampingi LSM Pusat Sumber Daya Komunitas (PSDK) Kabupaten Bandung. Dengan membawa spanduk putih bertuliskan “Bebaskan Warga Ibun” mereka beorasi di pintu masuk gedung Pengadilan Bale Bandung.

    “Ada 5 warga Ibun, yang kini sedang menjalani proses persidangan di Pengadilan Bale Bandung. Mereka sebelumnya dilaporkan oleh BKSDA Jabar dengan tuduhan pencurian kayu dari hutan. Padahal kenyataannya mereka hanya mencari kayu bakar, dengan cara mengambil ranting dari pohon yang sudah tumbang. Ini ironis sekali, Chevron membabat hutan demi eksploitasi di tempat yang sama, mengapa dibiarkan? Padahal mereka belum berijin” ujar Dadan Ramdan, salah seorang pengurus PSDK.

    Ke-5 warga Ibun itu ditahan Kejaksaan Negeri Bale Bandung sejak 2 bulan lalu, dan kini sudah menjalani 4 kali persidangan “Kami meminta majelis hakim melihat ini dengan nurani, tidak hanya semata berdasar hukum positif. Warga Ibun itu mencari kayu bakar untuk makan, bukan untuk usaha atau dijual kembali, dan lagi yang dibawa itu hanyalah ranting pohon yang sudah tumbang. Untuk itu kami menuntut agar mereka dibebaskan, kasihan mereka. Keluarganya terlantar karena kasus ini” kata Dadan

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus