Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disnak Prov.Jabar, Latih Penyembelihan Hewan Qurban

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Koesmayadi_1_kompress.jpg

    BANDUNG-Perayaan Idul Adha yang diisi dengan penyembelihan dan pembagian daging qurban kurang lebih 1 bulan lagi. Jabar, sudah mempersiapkan beberapa tahapan kegiatan untuk menyambut Hari Besar Keagamaan tersebut. Hal demikian, ditegaskan Kadisnak Jabar, Kusmayadi Tatang Padmadinata ketika dihubungi jabar prov.go.id  melalui telepon selularnya (13/10).

    Menurut Kusmayadi, tahapan persiapan diantaranya melalui kegiatan pelatihan bagi para anggota Dewan Keluarga Masjid (DKM) yang nantinya akan bertugas memotong hewan-hewan qurban.

    Pelatihan tersebut, diikuti oleh anggota DKM seluruh Kabupaten/Kota. Untuk yang sekarang sedang mengiikuti pelatihan dengan lama pelatihan 4 hari per angkatan adalah anggota DKM dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, KBB dan Subang, dengan jumlah anggota keseluruhan dari daerah tersebut  sebanyak 20 orang. Peserta pelatihan yang berlangsung saat ini (13/10) sudah pada  angkatan ke-4.

    Tahapan berikutnya, setelah peserta mendapatkan pelatihan selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA). Melalui koordinasi tersebut, DKM akan diberikan pemahaman atau sosialisasi tentang tata cara memotong hewan yang halal.

    Kusmayadi, lebih lanjut memaparkan, untuk menyambut Idul Adha tahun ini kebutuhan hewan qurban dari seluruh jenis ternak yang meliputi sapi, kerbau, domba dan kambing diprediksi naik sebesar 5,45% dengan prediksi jumlah kebutuhan hewan ternak sebanyak 269.243 ekor . Berdasarkan jenisnya kebutuhan ternak sapi diprediksi mencapai 40.247 ekor, ternak kerbau 441 ekor, ternak domba 187.456 ekor dan ternak kambing diprediksi 41.099 ekor.

    Sehubungan dengan kian mendekatnya pelaksanaan Idul Adha harga daging hidup sekarang telah mengalami kenaikan semula harga rata-rata harga daging hidup sebesar Rp.24.000,- per Kg, kini telah merangkak naik berkisar Rp.30.000,- sampai Rp.35.000,- per Kg. Kenaikan harga daging hidup sudah terjadi seminggu yang lalu.

    Tahapan persiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha juga dilakukan dengan melakukan pemeriksaan hewan qurban secara intensif di seluruh daerah di Jabar khususnya di daerah yang terkena endemi anthrax.

    Pemeriksaan hewan qurban, ujar Kusmayadi kini sudah dilakukan oleh petugas Disnak Kabupaten/Kota. Selanjutnya, untuk beberapa hari ke depan pihak Disnak Provinsi juga akan menggelar kegiatan serupa. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus