Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Alih Fungsi Areal Sawah Di Jabar Capai 28.000 Ha

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_1708.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar, melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan telah mengevaluasi kondisi areal pesawahan di seluruh Kabupaten/Kota di Jabar. Diakui, dari hasil evaluasi tersebut ada alih fungsi areal sawah produktif untuk kegiatan lain seperti dipergunakan untuk kegiatan industrI dan lain-lainnya.

    Dari data yang dihimpun, alih fungsi areal sawah di Jabar telah mencapai 28.000 Ha, papar Kadis Pertan Jabar, Endang Suhendar dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate (14/10).

    Endang, lebih lanjut memaparkan, alih fungsi areal sawah berpeluang terjadi setiap tahun sehingga seiring dengan perkembangan waktu jumlah areal sawah yang terkena alih fungsi berpeluang bertambah. Bagi pihak Pemprov. Jabar sulit untuk mencegah alih fungsi areal sawah karena pihak yang mengeluarkan izin tersebut ada di pihak Pemkab/Pemkot.

    Untuk mengantisipasi kian bertambahnya alih fungsi lahan sawah sejumlah solusi sudah dipersiapkan diantaranya pembukaan aksesibilitas ke areal sawah yang tidak atau kurang produktif.

    Langkah tersebut, ditempuh karena selama ini banyak investor yang lebih memilih sawah produktif karena sudah mencukupinya sarana aksesibitas di lokasi sawah-sawah produktif.

    Pembukaan areal sawah baru tidak dilakukan, tetapi untuk memacu peningkatan produksi beras direalisasikan melalui perbaikan teknologi. Solusi berikutnya, ujar Endang  yang ditempuh adalah dengan mendorong diversifikasi pangan, seperti ganyong didorong sebagai substitusi pengganti beras. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus