Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Seismograf Sesar Lembang Minim

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/patahan-lembang-2.jpg

    BANDUNG- Seismograf yang berfungsi untuk memantau pergerakan Patahan (Sesar Lembang), saat ini masih minim. Demikian dikemukakan Ahli Geologi Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Awang Harun Satyana, di Bandung.

    “Seismograf untuk memantau Sesar Lembang saat ini hanya satu buah,” ujarnya.

    Menurut Awang, pemasangan seismograf perlu ditambah di beberapa lokasi sebagai peringatan dini jika terjadi pergeseran di Sesar Lembang.

    “Pemantauan seismograf diperlukan sebagai peringatan dini untuk keperluan mitigasi bencana. Jadi pemerintah harus menambah jumlah seismograf di sepanjang Sesar Lembang,” ucapnya.

    Awang menyatakan, pemantauan Sesar Lembang perlu dilakukan karena bersambung dengan Sesar Cimandiri yang memanjang hingga Sukabumi.

    “Pergerakan di Sesar Lembang bisa berpengaruh terhadap pergerakan Sesar Cimandiri yang juga merupakan sesar aktif,” katanya.

    Awang menambahkan, pergerakan Sesar Lembang yang ditandai dengan terjadinya gempa memang tidak dapat diprediksi kapan waktunya, namun yang terpenting adalah kewaspadaan untuk mengetahui gejala.

    “Kemungkinan terkena dampak besar dari aktifitas Sesar Lembang adalah kawasan Bandung Utara hingga ke Subang,” pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus