Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tim Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban, Siap Bertugas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_6508.1234_.-123_.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melepas 100 orang Tim Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban tahun 2011/1432 Hijriyah. Tim tersebut merupakan bagian dari 1.439 orang yang akan bertugas sejak dua minggu sebelum Idul Adha hingga H+2. Dengan adanya tim kesehatan tersebut, diharapkan seluruh hewan Qurban yang akan disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Barat memenuhi kualitas higienis sanitasi sesuai dengan syariat Islam, yakni; Halal, Aman, Utuh dan Sehat. Diperkirakan pada tahun 2011 ini jumlah hewan Qurban di Jawa Barat mencapai 269.243 ekor, yang terdiri dari 40.688 ekor sapi/kerbau dan 228.555 ekor kambing/domba.

    “Ini merupakan bagian dari upaya kita bersama dalam mengantisipasi agar ternak yang menjadi hewan Qurban memenuhi syarat kesehatan hewan sesuai dengan syariat Islam. Juga diimbau agar masyarakat memperhatikan faktor kesehatan hewan. Jangan hanya melihat tampilan fisik luar hewan saja. Demikian juga dengan para pedagang agar menjual hewan Qurban dengan memperhatikan kesehatan, tidak cacat, cukup umur, berkelamin jantan dan baik tampilan fisiknya,” tegas Herayawan saat memberikan arahan di depan Tim Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban tahun 2011/1432 Hijriyah di Halaman Gedung Pakuan, Senin (31/10) pagi.

    Lebih lanjut Heryawan meminta agar para petugas menjalankan tugas dengan baik dan seksama. Tugas tersebut bernilai ibadah karena memberikan jaminan rasa aman dalam mengkonsumsi daging hewan Qurban.Kebutuhan hewan Qurban yang meningkat menjelang Idul Adha menuntut perhatian khusus dalam memeriksa dan mengawasi arus lalulintas hewan ternak, baik yang masuk maupun keluar Provinsi Jawa Barat. Apalagi terjadi peningkatan jumlah hewan Qurban dari tahun 2009 yang hanya 242.612 ekor, menjadi 255,828 ekor pada tahun 2010. Dan tahun 2011 ini menjadi 269.243 ekor.

    Dalam laporannya Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat Koesmayadie TP menyatakan pemeriksaan hewan Qurban merupakan kegiatan yang penting dan dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Peternakan dan sejumlah instansi terkait lainnya. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan hewan dan daging Qurban yang sehat, layak dan memenuhi ketentuan syariat Islam. “Sebelumnya sudah dilaksanakan sosialisasi kepada panitia Qurban di sejumlah Kabupaten/Kota. Pelatihan di sejumlah Masjid. Penyebaran poster dan leaflet terkait dengan tatacara memotong hewan yang baik,” ungkapnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus