Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Essensi Qurban, Membuang sifat Kebinatangan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Qurban5-garut-2.jpg

    GARUT-Persitiwa-peristiwa yang dialami Nabiyulloh Ibrahim AS, yang puncaknya dilaksanakan sebagi Hari Raya Idul Adha, harus  mampu mengingatkan kita bahwa yang dikurbankan bukanlah jiwa manusia, namun sifat-sifat kebinatangan yang ada pada manusialah yang harus dikorbankan, dibunuh, dan disembelih, seperti sifat rakus, ambisius, menindas, menyerang, dan tidak mengenal hukum  agama dan hukum-hukum formal negara.

    Demikian benang merah khutbah Sholat Idul Adha, disampaikan KH. A. Mimar Hidayatulloh, Pimpinan Pontren Hidayataul Faizien Kecamatan Bayongbong Garut, di Lapang Otto Iskandardinata Garut, Minggu (6/11). Berindak selaku Imam sholat Idul Adha, KH. Eno Trenggana (Imam Masjid Agung Garut), dihadiri Bupati Garut H. Aceng HM Fikri, S.Ag, Sekda Iman Alirahman, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Teddi Iskandar, Asisten Administrasi Umum Kostawan, Kabag Administrasi Kesra Dahlan Saputra, dan ribuan jemaah Idul Adha yang tumpah ruah hingga ruas-ruas jalan sepanjang Jalan Jendara A. Yani, Jalan Pramuka, Jalan Kiansantang dan Jalan Siliwangi.

    KH. A. Mimar Hidayatulloh dalam khutbahnya juga sangat menyayangkan praktek-praktek yang mengarah kepada pengorbanan manusia  pada jaman sekarang hanya untuk melanggengkan kekuasaaan. “Demi memenuhi kerakusannya, dilakukan dengan cara-cara yang merugikan dan menyengsarakan jutaan manusia”, tegasnya.

    Untuk itu ia menyerukan agar Hari Idul Adha djadikan momentum peneladanan dari kisah perjuangan Nabiyulloh Ibrahim AS, tidak hanya dijadikan acara seremonial tahunan yang tidak bermakna yang hanya dijadikan simbol agama belaka tanpa esesialitas.

    Usiai pelaksanaan Bupati Aceng didampingi Sekda Iman Alirahman dan para asisten menyerahkan secara simbolis hewan sapi qurban kepada KH. A. Mimar Hidayatulloh selaku Ketua DKM  Masjid Agung, yang akan didistribusikan di lingkungan sekitar Masjid Agung Garut

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus