Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Daerah Kost Mahasiswa Salah Satu Titik Pencemaran Cikapundung

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Ayi-Wawali-Bdg1.jpg

    Bandung- Sungai Cikapundung yang mengalir di Kota Bandung masih tercemari oleh limbah. Pencemaran dari limbah rumah tangga tetap tinggi. Ironisnya, pencemaran limbah rumah tangga terbanyak ditemukan di kawasan yang menjadi daerah kost mahasiswa.

    "Justru di daerah yang banyak tempat kost mahasiswa, pencemaran limbah rumah tangga di Sungai Cikapundung tergolong tinggi," ujar Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda di Bandung.

    Sungai Cikapundung yang melintasi Tamansari serta Lengkong yang dikenal sebagai daerah kost mahasiswa memang ditemukan adanya limbah rumah tangga.

    Kondisi ini berbanding terbalik dengan kawasan yang dihuni oleh warga lokal. Menurut Ayi kesadaran warga lokal untuk memelihara kebersihan Sungai Cikapundung sudah semakin baik.

    Warga sekitar tidak lagi membuang sampah di Sungai Cikapundung. Selain itu, anak Sungai Citarum ini tidak lagi dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga oleh warga sekitarnya.

    Ayi mengaku sulit memberi peringatan bagi penghuni kost yang tetap membuang limbah rumah tangga ke Sungai Cikapundung. Penghuni kost biasanya tidak berada di tempat ketika dilakukan sosialisasi serta teguran.

    Sanksi hukum yang mengacu Perda No 3 Tahun 2005 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K-3) masih sulit dilakukan. Minimnya jumlah Satpol PP disebutkan oleh Ayi menjadi kendala penegakan hukum berdasarkan Perda K-3. djo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus