Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemilukada Gubernur/Wagub Tahun 2013 Berikan Peluang Untuk Calon Independen

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1481kpu.jpg

    Dalam UU tentang Pemilukada, keberadaan calon independen diakomodir.UU tersebut hingga saat ini belum direvisi sehingga dalam tahun 2013 keikutsertaan calon independen masih diberikan peluang, papar Ketua KPUD Jabar, Ferry Kurnia Rizkyyansyah dalam keterangannya kepada wartawan Minggu sore (27/11) di sela-sela kegiatan ICMI, di Kantor ICMI Jalan Cikutra Kota Bandung.

    Ferry, lebih lanjut memaparkan merujuk kepada ketentuan Pemilukada, untuk calon independen harus dilakukan verifikasi populasi di 50% wilayah, jadi untuk Jabar verifikasi populasi harus dilakukan minimal di 13 Kabupaten/Kota.

    Dalam proses verfikasi tersebut, akan dilakukan 2 tahapan yaitu tahapan pemeriksaan terpenuhinya syarat administrasi dan tahapan pemeriksaan ke lapangan untuk memeriksa kebenaran dukungan dari yang memberikan tanda tangan dukungan.

    Untuk proses pemeriksaan di lapangan sifatnya head to head, termasuk didalamnya memeriksa identitas para pendukung. Dalam proses pemeriksaan tersebut dibutuhkan waktu 28 hari per 1 calon independen.

    Dalam konteks Pemilukada Gubernur/Wagub Jabar tahun 2013, tahapan prosesnya sama seperti tahun 2008 yang lalu. Untuk sosialisasi kepada masyarakat secara luas akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2012.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus