Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penuntasan Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Prioritas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Armida-Alisyahbana.jpg

    BANDUNG- Kepala Bappenas RI, Armida Alisyahbana dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela kegiatan RapimProv Kadin Jabar, bertempat di Savoy Homann Hotel Bandung (14/12) menegaskan penuntasan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia masih menjadi prioritas untuk diselesaikan dengan target waktu dapat selesai dalam tahun 2014.

    Jika dihitung alokasi dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur tersebut di seluruh wilayah Indonesia mencapai Rp. 1.700 triliun. Merujuk kepada target penyelesaian pembangunan infrastruktur tersebut, ada tiga program pembangunan infrastruktur yang harus diselesaikan.

    Pertama, pembangunan jalan tol Trans Jawa. Dengan telah terbangunnya ruas jalan tersebut dapat mengurangi kepadatan lalu lintas baik dari barat ke timur maupun dari timur ke barat. Kedua, dalam rangka memberikan solusi mengurangi kepadatan lalu lintas double track kereta api juga harus dituntaskan serta ketiga dalam meningkatkan daya saing industri yang saat ini menghadapi masalah logistik mahal, maka solusi yang harus diwujudkan adalah pembenahan sarana transportasi.

    Sejalan dengan target penyelesaian program tersebut, rencana pembangunan bandara dan pelabuhan juga merupakan bagian dari target rencana tersebut. Khusus untuk pembangunan Pelabuhan Cilamaya Kabupaten Karawang Jabar sampai saat ini masih perlu dilakukan studi kelayakan. Sementara itu, untuk pembangunan bandara dalam teknis pelaksanaannya ada penugasan kepada beberapa BUMN.

    Seiring dengan tahapan pembangunan infrastruktur, akan ditindaklanjuti dengan pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dengan memanfaatkan peluang-peluang ekonomi di daerah. Sejalan dengan rencana tersebut pemerintah juga harus mengkaji regulasi yang saat ini berlaku, jika sudah tidak layak maka regulasi tersebut perlu direvisi. Selanjutnya, jika tahapan tersebut sudah selesai, imbuh Armida pemerintah di daerah harus membuat langkah tindak lanjut disesuaikan dengan kondisi yang ada.

    Sementara itu, Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan berkaitan dengan rencana pembangunan infrastruktur dalam keterangannya secara terpisah kepada wartawan mengatakan salah satu yang menjadi prioritas diantaranya pembangunan jalan dan perbaikan sarana transportasi.

    Untuk pembangunan jalan, Pemprov. Jabar diantaranya memberikan dukungan penuh untuk kegiatan pembangunan jalan tol antara lain untuk ruas jalan Bocimin, Cikopo dan Cisumdawu. Untuk mendukung terlaksananya rencana pembangunan infrastruktur tersebut salah satunya terkendala dalam tahap pembebasan lahan karena di beberapa lokasi dihadapkan kendala yaitu adanya oknum pihak yang tiba-tiba meminta harga tanah yang lebih tinggi.

    Dalam rangka penyelesaian pembebasan lahan, ujar Gubernur sekarang menunjukkan kemajuan karena dengan dana yang sudah disiapkan untuk menyelesaikan pembebasan lahan, pembebasan tanah yang di beberapa lokasi sudah dijajaki dari tahun 1996 yang lalu, sekarang secara bertahap dapat diselesaikan. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus