Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya Aom Kusman

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/halal-bihalal2011-24.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atas nama Pribadi dan Pemerintah Provinsi  menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Komedian Senior Aom Kusman yang meninggal saat awal adzan Shubuh, sekitar pukul 04.00 WIB, Jumat (23/12). Pria kelahiran Sukabumi tahun 1948 itu meninggal genap usia 63 tahun. Pelawak yang terkenal lewat serial Si Kabayan itu meninggal di kediamannya di Jalan Rajamantri Tengah III No. 1, RT 04/14, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Menurutnya kita kembali kehilangan sosok sepuh budaya Jawa Barat yang perannya cukup berarti bagi pembangunan kesenian dan kebudayaan.
     
    “Kang Aom almarhum merupakan komedian asal Sukabumi yang kerap tampil dengan logat sunda dan berpenampilan khas adat Jawa Barat. Saya sangat menghargai beliau sebagai tokoh seniman yang kerap memberikan masukan bagi pembangunan kesenian dan kebudayaan di Jawa Barat. Beliau sangat santun namun tegas dan seringkali melontarkan kritikan dengan gaya humor yang kental. Kita tentu semua merasa kehilangan sosok beliau. Semoga almarhum diterima di sisi-Nya dan diampuni semua dosa-dosanya serta diterima semua amal ibadahnya,” ujar Heryawan menanggapi sosok Aom Kusman, usai melakukan Talkshow di salah satu Studio TV Swasta Nasional Jakarta Selatan, Jumat (23/12) siang.

    Aom dikenal dengan penampilannya bersama kelompok komedi De' Kabayan pada tahun 1970-an hingga 1980-an. Bersama Kang Ibing, Ujang, Sofyan Hargono dan Suryana Fatah, Aom hingga usia paruh bayanya masih eksis melawak. Sejumlah karangan bunga memenuhi jalan rumah duka, di antaranya dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, The Changcuters, Purwacaraka, dan sebagainya. Rencananya, usai shalat Jumat jenasah Aom Kusman dikebumikan di pemakaman keluarga di Cimaragas, Garut, Jawa Barat. Aom Kusman meninggalkan seorang istri Popi Sewu (60), serta dua anak Sylvie Salvia (35), Bugie Bagus Priadi Nurlatif Kusman Kartanegara (32) serta lima orang cucu. Selamat jalan Kang Aom.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus