Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan : Industri Kreatif Sangat Menjanjikan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/bsi-kreatipreneur.jpg

    BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendorong para mahasiwa untuk memiliki jiwa kewirausahaan. Apalagi saat ini Indonesia, khususnya Jawa Barat sangat membutuhkan hadirnya lebih banyak pengusaha dan para wirausaha muda. Jumlah pengusaha di Jawa Barat, khususnya terbilang minim dan masih jauh dari kebutuhan untuk membangun Jawa Barat. Saat ini saja prosentase jumlah pengusaha terhadap jumlah penduduk masih di bawah angka 0,2 persen. Padahal idealnya jumlah pengusaha minimal sekitar 2,5 persen dari jumlah penduduk.
     
    ”Pada saat yang sama, Jawa Barat juga membutuhkan suatu strategi pembangunan perekonomian daerah yang lebih bersifat katalis, yakni kebijakan ekonomi yang mampu mengembangkan dan memperkuat pelaku ekonomi regional, termasuk didalamnya sektor yang memiliki prospek yang baik dimasa yang akan datang serta tahan terhadap guncangan ekonomi regional dan global, yaitu sektor industri kreatif berbasis sumber daya lokal berupa KUMKM,” ujar Heryawan di hadapan ratusan mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI) Antapani Bandung, Jumat (6/1) pagi.
     
    Hal tersebut menurut Heryawan cukup beralasan, karena dalam beberapa tahun terakhir kita melihat bahwa bisnis industri kreatif global maupun nasional mulai berkembang secara pesat, hal ini tercemin dari nilai ekonomi kreatif secara global yang diperkirakan meningkat sebesar 5% per tahun, serta laju pertumbuhan bisnis industri kreatif nasional yang berada dalam kisaran 7,3% (lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Jawa Barat dan nasional yang berada dalam kisaran 6% lebih).
     
    Laju pertumbuhan bisnis industri kreatif nasional yang cukup pesat ini didorong oleh cakupan bisnis industri kreatif  yang sangat luas, yang meliputi periklanan, arsitektur, pameran dan festival, kerajinan, desain, fashion (clothing, footwear dan apparel), video, film dan fotografi, permainan interaktif (games), musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, radio dan televisi, riset dan pengembangan, serta yang saat ini akan juga dikembangkan oleh Pemerintah adalah subsektor kuliner.
     
    Melihat luasnya cakupan bisnis industri kreatif tersebut, masyarakat Jawa Barat perlu terus didorong untuk lebih meningkatkan kiprahnya dalam mengembangkan sektor industri kreatif nasional, terlebih di Jawa Barat telah berdiri wadah entrepreneur yang bernama creative enterpreneur network, sebagai organisasi jejaring pertama dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia. Salah satu langkah strategis yang harus terus kita lakukan adalah membangun jiwa, semangat, pengetahuan dan keterampilan berwirausaha kepada masyarakat luas, khususnya para mahasiswa.
     
    Disamping itu, kegiatan ini sejatinya juga menjadibest practice untuk membangun pemahaman dan menggali ide-ide segar dalam berkreasi dan berinovasi, serta menemukan link and match antara kebutuhan pasar dengan produsen, sehingga pada gilirannya bisnis industri kreatif di Jawa Barat dapat tumbuh dan berkembang lebih pesat, mampu memunculkan banyak entrepreneur baru yang mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi, sehingga pada gilirannya dapat menjadi akselerator perluasan lapangan pekerjaan, meningkatkan penyerapan tenaga, yang berarti mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya beli masyarakat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus