Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penambangan Pasir di Purwakarta Ancam Jalur KA

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Kepala-Humas-PT-KA-Daerah-Operasi-(Daops)-2-Bandung,-Bambang-S.-Prayitno_1.jpg

     

    BANDUNG- Penambangan pasir galian C yang letaknya tidak jauh dari jalur KA antara Stasiun Ciganea-Purwakarta, dikhawatirkan akan mengancam jalur Kereta Api ( KA ) Bandung-Jakarta. Demikian ditegaskan Kepala Humas PT KA Daerah Operasi (Daops) 2 Bandung, Bambang S. Prayitno.
     
    Menurut Bambang, penambangan pasir galian C yang percis berada di km 108+5/7 antara Stasiun Ciganea-Purwakarta, jaraknya cukup dekat dengan jalur kereta.
     
    “Penambangan pasir itu hanya sekitar 70 meter dari rel yang merupakan jalur utama kereta,” ujarnya.
     
    Bambang menyatakan, penambangan pasir berpotensi menyebabkan jalur KA terganggu, apalagi di antara  Stasiun Ciganea-Purwakarta merupakan titik rawan bencana berupa gerakan tanah tinggi.
     
    “Sedikitnya terdapat 9 titik rawan bencana gerakan tanah (longsor).di jalur antara Stasiun Ciganea-Purwakarta, jika penambangan pasir tetap dilakukan, bisa mempercepat terjadinya longsor,” tutur Bambang.
     
    Menurutnya, pihaknya sudah melayangkan surat keberatan kepada pemilik usaha maupun ke Dinas ESDM Kabupaten Purwakarta atas penambangan pasir yang sudah dimulai sejak Oktober 2011 lalu.
     
    “Meski sudah melayangkan surat keberatan, penambangan pasir yang akan dipergunakan sebagai perumahan masih terus berlangsung,” katanya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus