Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ke lokasi Pengajian Heryawan Mengayuh Becak

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Gubnaikbecak.jpg

    Sembari mengumandangkan Shalawat Badar, iringan ratusan Abang Becak antusias menyambut kedatangan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat menghadiri acara “Mengaji Bareng Dengan Komunitas Abang Becak Indramayu”. Sebagai wujud kebersamaan, pada kesempatan itu, dengan sumringah Gubernur mengayuh becak yang ditumpangi 2 Abang Becak menuju lokasi acara di Yayasan Pesantren Rumah Yatim Urwatul Wutsqo, Jalan Tanjungpura Karang Anyar Indramayu, Selasa (17/1) sore. Jarak sejauh sekitar 500 meter menuju lokasi seperti tidak terasa, dengan terus mengayuh becak, Gubernur menyapa jejeran warga sepanjang jalan. Turut mengiringi berjalan kaki sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
     
    “Ini merupakan wujud kebersamaan yang harus terus dijaga. Karena sesungguhnya, status sosial, jabatan dan pangkat tidak menghalangi seseorang untuk berkomunikasi. Apalagi dengan komunikasi yang hangat diharapkan mampu menuntaskan sejumlah masalah. Khususnya terkait dengan pembangunan masyarakat Jawa Barat. Dan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa menilai seseorang itu dari sejauhmana dirinya bermanfaat bagi lingkungannya. Dan kesalehan sosial harus dimulai dari diri sendiri untuk menjadi contoh bagi keluarga dan lingkungannya,” ujar Heryawan di tengah kerumunan Abang Becak yang mengelukannya dan berebut bersalaman dengan orang nomor satu di Jawa Barat itu.
     
    Saat menyampaikan “taushiyah”nya, Heryawan menyatakan rasa terima kasih dan apresiasi atas kegiatan pengajian yang dinilainya luar biasa. Disebut luar biasa karena, di tengah kesibukan para Abang Becak mencari nafkah dengan mengayuh becak, tetapi masih menyempatkan diri mengikuti pengajian dalam rangka mencari ilmu sekaligus berkah dan amal sholeh. Ini menurutnya contoh yang baik dan patut ditiru para komunitas lainnnya. “Ini semangat yang harus terus dijaga. Semangat mencari kebaikan dunia akhirat. Di satu sisi mencari nafkah buat keluarga, dan di sisi yang lain juga tetap mengingat bekal untuk dibawa ke akhirat,” pujinya.
     
    Selain itu, Gubernur memberikan motivasi agar para pengayuh becak bersemangat dalam menjalani kehidupan. Sembari mencontohkan kisah di zaman Banginda Rosulullah Muhammad SAW, bahwa para Sahabat Beliau yang berjumlah 10 orang itu, 9 diantaranya merupakan para saudagar kaya raya. Para sahabat memiliki tekad kuat menjalani perintah Allah SWT sekaligus menjalankan bisnisnya dengan baik. “Para sahabat itu pun dulunya merupakan kelompok terbelakang dalam ekonomi. Namun semangat mencari kebaikan untuk dunia akhiratlah yang memicu mereka menjadi kelompok saudagar kaya araya. Dengan amal, ilmu dan hartanya mereka berjuang di Jalan Allah,” ujarnya yang disambut teriakan semangat para Abang Becak. Acara yang berlangsung hampir 90 menit itupun, diakhiri dengan makan bersama Gubernur dengan para pengayuh becak.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus