Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Ajak Para BUMN/D Bantu Kembangkan Batik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_8484-batik-maung-bandung2.jpg
    Wagub Gunakan Batik Maung Bandung

    BANDUNG-Guna meningkatkan produktifitas kain batik khas Jawa Barat, Wagub Dede Yusuf minta kepada para BUMN/D dan pengusaha lainnya untuk membantu para pengrajin batik, baik dalam hal perlengkapan dan sarana produksi, serta bidang permodalannya, juga termasuk  menyerap hasil produksinya. BUMN yang selama ini telah menyalurkan CSR seyogianya menyalurkan pula kepada para pengrajin batik, khsususnya batik khas Jawa Barat.

    Permintaan Wagub Dede Yusuf tersebut disampaikannya ketika memberikan sambutan pada acara Bulan Bakti Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB, (31/1) di Sekertariatnya Jl. Cigadung Raya Timur No. 5 Bandung yang juga menjadi Padepokan Batik Komar.

    Wagub Dede mengapresiasi positif atas peran PT Indonesia Power dan BI Cabang Bandung dalam membantu para pengrajin batik Jawa Barat dimana khususnya PT Indonesia Power telah memberikan bantuan bergulir sebesar Rp 150 juta per pengrajin dan pada kesempatan di Bulan Bakti YBJB ini dapat menyalurkan kepada tiga pengrajin. “Saya minta kepada pengusaha-pengusaha lainnya untuk memberikan hal serupa dalam rangka kemajuan batik Jawa Barat”, pintanya.

    Wagub berharap para pengrajin batik di Jawa Barat dapat terus tumbuh dan untuk itu ia mencontohkan perkembangan batik Komar yang kini semakin tumbuh pesat. Untuk itu, para pengrajin harus berusaha sekuat mungkin meningkatkan kualitasnya. Agar bisa maju dan produknya diserap pasar, tentu harus banyak belajarkepada yang telah maju mengingat produk batik sangat banyak  termasuk produk import (China), jelas Wagub.

    Perihal maraknya batik murah dari China yang menurut wagub harganya sangat murah ada yang sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu, dan dijual di pasar Baru,

    ia minta agar kita tidak merujuk pada batik seperti itu, karena akan mematikan industri batik Jawa Barat. Sebaiknya kita beli batik dengan harga yang pantas dan kualitasnya baik, dan itu biasanya ada pada produk Indonesia khususnya Jawa Barat.

    Wagub menyatakan penghargaannya kepada Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) yang telah berupaya membudayakan batik khususnya Jawa Barat sehingga sekarang ini sudah populer digunakan masyarakat dengan dipelopori untuk pemerintahan. Semoga kedepan batik Jawa Barat akan semakin sukses dan berkembang, demikian harapan Wagub Dede Yusuf.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus