Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Tawarkan Solusi Peningkatan Populasi Sapi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0239web11.jpg

     

    Pemprov. Jabar, setelah mendengar aspirasi dari kalangan peternak, kini menawarkan solusi untuk peningkatan populasi sapi. Hal tersebut, ditegaskan Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Pakuan, akhir pekan lalu.
     
    Menurut Gubernur, dari data yang dihimpun anak sapi yang dilahirkan per tahun di Jabar mencapai 40.000 ekor. Untuk memacu peningkatan produksi sapi termasuk dari sisi kualitasnya, sebaiknya anak sapi itu dibeli oleh pemerintah, lalu dipelihara dalam hitungan waktu 2 tahun ini, selanjutnya sapi di jual kepada peternak opsinya bisa dikelola lagi oleh peternak.
     
    Langkah tersebut, jauh lebih efektif mengingat selama ini banyak anak sapi yang dijual peternak ke Provinsi lain. Setelah besar sapi tersebut kembali dijual ke Jabar.
     
    Solusi berikutnya, untuk memacu produksi sapi yang lebih berkualitas khususnya untuk sapi perah, dapat dilakukan dengan membeli sperma sapi impor dari Australia karena kualitas sapi iperah mpor jauh lebih baik dari sapi local, sebagai gambaran produksi susu yang dihasilkan sapi impor mencapai 50 liter per hari per ekor. Sementara itu, untuk susu sapi local yang dihasilkan hanya sekitar 30 liter per hari per ekor.
     
    Berkaitan dengan teknis pelaksanaannya, ujar Gubernur bisa difasilitasi oleh koperasi peternak susu dengan bekerjasama dengan pihak BUMD atau lembaga perbankan.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus