Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Jabar Harus Segera Selesaikan Konflik Agraria

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_0155.JPG

     

    BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus segera melakukan penyelesaian sengketa agraria yang saat ini masih sering terjadi di sejumlah wilayah di kabupaten, sesuai amanat UUD 45 Pasal 3.
     
    Ketua Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pergerakan Petani Indonesia Wilayah Jabar, Yani Andre mengatakan, langkah tersebut perlu segera dilakukan untuk memberikan rasa keadilan bagi para petani, yang selama ini telah menggarap lahan tersebut secara turun temurun.
     
     “Pemerintah itu segera untuk melakukan penyelesaian sengketa agraria, reformasi agraria sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam UUD 45 Pasal 3 ayat 33,” ujarnya.
     
    Menurut Yani, upaya untuk memperoleh legalitas telah ditempuh, namun belum memberikan hasil yang maksimal, menyusul masih adanya penafsiran yang berbeda tentang aturan agrarian.
     
    “Berdasar UU No 5 Tahun 1960 tentang Agraria, petani penggarap berhak terhadap lahan itu, dari sisi sejarah, juga mendukung hak petani. Sedang UU Pengadaan Tanah posisi petani menjadi lemah,” tuturnya. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus