Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkab Bandung Andalkan Pengembang Untuk Penyediaan TPU

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Saeful-Rachman.jpg

     

    KAB. BANDUNG – Meski lahan kosong masih banyak di wilayah Kabupaten Bandung, namun untuk membuat atau menyediakan Taman Pemakaman Umum (TPU) tidak bisa begitu saja menggunakan lahan kosong itu. Masalahnya adalah, lahan kosong itu kebanyakan dimiliki pribadi atau masyarkat, bukan milik Pemkab Bandung. Hal itulah yang membuat Pemkab Bandung akhirnya, bekerjasama dengan pengembang perumahan untuk penyediaan TPU.
     
    “Jalannya adalah, kita mewajibkan kepada setiap pengembang yang akan membangun perumahan, untuk menyediakan dua persen dari total luas lahan perumahan itu, untuk TPU. Misalnya, ada pengembang di kecamatan A, nah kita wajibkan mereka untuk membebaskan lahan di wilayah itu, khusus untuk TPU” ujar staf UPTD Pertamanan dan Pemakaman Dinas Pertasih Kabupaten Bandung, Saeful Rachman, Kamis (9/2).
     
    Namun menurut Saeful, tidak semua pengembang yang membangun perumahan di satu kecamatan, bisa menyediakan lahan di kecamatan yang sama. Alasannya, karena belum tentu di kecamatan itu tersedia juga lahan kosong untuk TPU.
     
    “Nah jika ada kasus seperti itu, bisa saja lahan yang dibebaskan oleh pengembang untuk TPU itu, di luar kecamatan dimana perumahan dibangun, namun paling tidak, masih berdekatan dengan lokasi perumahan atau kecamatan yang bersangkutan. Atau bisa jadi 3 kecamatan yang berdekatan, memiliki satu TPU yang luasnya memadai” ujarnya.
     
    Saeful menambahkan, dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, baru 10 kecamatan yang kini sudah memiliki TPU.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus