Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan : Masjid Dikembangkan Menjadi Pusat Pertumbuhan Peradaban

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/halal-bihalal2011-28.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginginkan agar Masjid menjadi pusat perkembangan peradaban. Hal itu menurutnya merupakan fungsi sesungguhnya sebuah Masjid, selain menjadi tempat ibadah, Masjid juga merupakan sarana mencetak umat yang unggul. Untuk itu paradigma Masjid hanya untuk tempat ibadah semata harus dikembangkan lebih luas lagi, yakni menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan. Dimana di Masjid pula, masyarakat dapat bertukar ilmu pengetahuan, bersilaturahim dan melaksanakan ibadah secara berjamaah. Hal itu dikatakannya saat meletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi, Sabtu (18/2) pagi.

     
    Peletakan batu pertama itu merupakan rangkaian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Sukabumi ke 98 di Alun-Alun Kota Sukabumi. Dalam tausiahnya Heryawan menekankan pentingnya kesatuan dan persatuan umat. Nilai-nilai sosial yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW hendaknya menjadi tauladan bagi masyarakat Sukabumi khususnya, dan Jawa Barat umumnya. Maraknya masyarakat menghadiri Maulid Nabi saat ini, diharapkan menjadi gambaran tingkat religiusitas. Untuk itu Gubernur berharap, dengan adanya pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi dapat menjadi masjid peradaban.
     
    Menurut Heryawan masyarakat Muslim harus memiliki Masjid yang memadai untuk menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan demikian fungsi Masjid akan semakin penting sebagai pusat perkembangan ilmu pengetahuan juga menempa keimanan. Sehingga keberadaan Masjid menjadi cerminan kemajuan msayarakat sekitarnya. Sebagai pusat peradaban, Masjid diharapkan mampu mencetak generasi penerus yang bermoral sekaligus profesional. "Moral tanpa profesionalisme akan menjadikan generasi yang lugu dan mudah ditipu. Begitu pula profesional tapi tak bermoral, maka akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan," ulasnya.
     
    Sementara, Walikota Sukabumi M. Muslikh Abdussyukur menyampaikan, pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi sudah mengalami 7 kali perbaikan sejak tahun 1900. Sedangkan pada pembangunan tahun ini diperkirakan membutuhkan  anggaran sebesar Rp 20 miliar. Sejauh ini Pemprov Jabar sudah menyumbangkan sebanyak Rp 7 miliar untuk pembangunan mesjid tersebut. Dan untuk membantu menuntaskan pembangunan Masjid tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat rencananya akan terus mendukung upaya penyelesaiannya hingga rampung.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus