Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bidan Harus Tingkatkan Pengetahuan Untuk Selamatkan Ibu

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/NettyH.jpg

    Salah satu permasalahan pokok bidang kesehatan yang dihadapi sampai dengan 2011 ini diantaranya adalah tingginya Angka Kematian Ibu (AKI), sebesar 228 per 100.000 (SDKI, 2007), rendahnya rata-rata usia kawin pertama wanita yaitu usia 18,8 tahun (SDKI, 2007), dan Pengguna Metode Jangka Panjang (MKJP) Keluarga Berencana (KB) sekitar 17,22 persen lebih sedikit dibandingkan dengan peserta KB baru yang tidak menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang.

    Untuk memperbaiki dan menuntaskan masalah tersebut, maka peran bidan sangat strategis. Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan saat ini perlunya meningkatkan pengetahuan para bidan, baik secara keilmuan maupun praktek. Penguasaan metode baru juga dibutuhkan mengingat perkembangan ilmu dan teknologi kian maju. “Apalagi urusannya adalah menyelamatkan ibu dan bayinya,” ujarnya.
     
    Lebih lanjut Netty menyatakan profesi bidan adalah salah satu profesi tertua di muka bumi dalam pengertian bahwa seorang bidan menjalankan tugas membangun peradaban manusia. Bidanlah yang menyaksikan dan menangani awal mula peradaban manusia. Demikian dikatakan Netty dalam  Penutupan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2011 dan Pencanangan Bhakti IBI th 2012 di Hotel Carcadin Bandung, Kamis (1/3) siang. Netty menyebutkan bidan merupakan pahlawan peningkat kesejahteraan perempuan.
     
    Netty mengingatkan dalam menjalankan tugasnya agar para bidan meningkatkan pengetahuan teknis dan pengetahuan lainnya. "Sosialisasi mengenai pola pengasuhan, pendewasaan usia pernikahan, juga edukasi pilihan-pilihan kontrasepsi," paparnya,” tuturnya. Akan menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa, jika pengetahuan bergabung dengan kesungguhan pelayanan. Netty berharap ke depan, para bidan  bisa menghasilkan strategi baru untuk menurunkan angka kematian ibu dan penyebar-rataan bidan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus