Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perusahaan – Perusahaan Buka Lowongan Kerja

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/hening-widiatmoko3.jpg

     

    BANDUNG-Sebanyak 50 perusahaan yang beroperasi di Jabar, secara resmi membuka lowongan kerja dengan jumlah lowongan kerja yang disediakan sebanyak 11.359 orang . Hal tersebut, terungkap dalam kegiatan pembukaan Job Fair yang berlangsung di Kantor Disnakertrans Jabar, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung (6/3).
     
    Kadis Nakertrans Prov. Jabar,Dr.  Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada wartawan  mengungkapkan dibukanya job fair kali ini merupakan langkah untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja di Jabar.
     
    Rencananya kegiatan serupa akan digelar di 3 lokasi masing-masing Kota Tasikmalaya, Kota Bandung dan Kabupaten Purwakarta. Di setiap lokasi, dijadwalkan akan ada 50 perusahaan yang membuka lowongan kerja.
     
    Pembukaan job fair juga dimaksudkan untuk mengurangi jumlah pengangguran. Berdasarkan data, jumlah pengangguran terbuka di Jabar yang dalam tahun 2010 tercatat sebanyak 1.950.000 orang, dalam tahun 2011 berkurang menjadi 49.000 orang.
     
    Adanya pengurangan jumlah pengangguran terbuka tersebut, tidak terlepas dari berbagai ikhtiar  berbagai pihak termasuk diantaranya kemitraan yang digelar oleh pemerintah bersama kalangan dunia usaha seperti dalam kegiatan job fair ini.
     
    Diakui, lanjut Hening, seiring dengan adanya output lulusan sekolah ada dampak berupa penambahan orang yang mencari kerja, bahkan ada diantaranya yang terpaksa menjadi penganggur. Untuk mengatasi kondisi tersebut peluang masih terbuka karena ada perusahaan yang tidak hanya menerima pelamar berdasarkan pengalaman, tetapi ada juga perusahaan yang membuka kesempatan kerja kepada mereka yang baru lulus sekolah asalkan  yang bersangkutan mempunyai skill tertentu.
     
    Tentang penyerapan tenaga kerja, sambung Hening, sangat tergantung pada investasi baru di sektor tersebut, sebagai contoh saat ini di Kabupaten Subang seiring dengan adanya investasi baru yang bergerak di bidang garment membuka 1.500 kesempatan kerja.
     
    Perusahaan tersebut, paling banyak membutuhkan tenaga kerja dari kalangan perempuan. Di sisi lain, daerah setempat menghadapi kesulitan untuk menyediakan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka difasilitasi tenaga kerja lokal dari Ciamis.
     
    Selanjutnya, untuk mengurangi jumlah pengangguran didorong juga peluang kerja di sektor informal. Upaya yang ditempuh, ujar Hening diantaranya melalui kemitraan dengan KUKM.  (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus