Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bidan Eulis, Bekerja Merubah Budaya

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/bidan-eulis.jpg

    BANDUNG – Dalam peringatan Woman’s Day atau Hari Perempuan Se-Dunia di Jawa Barat, yang digelar di parkir Barat Gedung Sate, Minggu (25/3) ada 5 tokoh wanita yang diangkat ke permukaan dan menerima penghargaan, sebagai tokoh wanita inspiratif karena hasil kerja atau karyanya.

    Diantara kelima tokoh wanita itu ada Bidan Eulis Romiati (45) asal Ujung Genteng Sukabumi Selatan. Bidan Eulis sebagai Bidan Desa, harus bekerja melayani masyarakat terutama ibu hamil dan melahirkan di tengah keterbatasan sarana, dan juga harus bekerja keras meyakinkan masyarakat merubah budaya yang tidak hiegenis dalam proses persalinan.

    “Di Ujung Genteng tempat saya mengabdi, ada kebiasaan kalau melahirkan itu harus di dapur dekat hawu (tungku-red) dan hanya beralaskan tikar. Itu diyakini masyarakat di sana karena proses melahirkan itu kotor, maka jangan di tempat yang bersih. Jelas itu bertentangan dengan hiegenitas melahirkan. Saya berupaya terus untuk merubah kebiasaan itu dan lambat laun Alhamdulillah bisa berhasil” tuturnya.

    Selain itu, sarana pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan melahirkan juga sangat minim. Menurut Bidan Eulis, jarak dari desanya ke Puskesmas di Kota Kecamatan sejauh 30 KM. Jarak itu tidak mungkin bisa ditempuh kalau dalam keadaan darurat.

    “Saya berinisiatif dengan beberapa kalangan masyarakat di sana, untuk membentuk semacam rumah singgah tempat perawatan sementara. Di rumah singgah itu ibu hamil dan melahirkan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, dan Alhamdulillah banyak yang tertolong” tegasnya. (Apun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus