Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengusaha Anggap Eksport Tekstil Lebih Menjanjikan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/tekstil.jpg

     

    BANDUNG- Pengusaha tekstil menganggap pasar ekspor jauh lebih menjanjikan dibandingkan daya serap produk tekstil di dalam negeri.
     
    Ketua Umum Asosiasi Ade Sudrajat nilai ekspor TPT terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2011, nilai ekspor mencapai US$13,4 miliar atau lebih besar dibandingkan 2010 yang hanya US$11 miliar.
     
    "Produk kita kurang diserap di dalam negeri dibandingkan dari luar negeri. Sehingga, kami lebih memilih ekspor," ujarnya.
     
    Dia menjelaskan pemilihan ekspor juga berdasarkan kondisi pasar di dalam negeri yang dibanjiri produk impor. Untuk diketahui, hampir 60% pasar dalam negeri dikuasai produk Cina.
     
    Kondisi tersebut juga diprediksi makin parah karena akan terjadi penurunan daya beli masyarakat akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Ade menuturkan nilai ekspor TPT yang tinggi tidak membuat nilai impor menurun. Pada 2011, nilai impor mencapai US$9,4 miliar atau lebih tinggi dibandingkan 2010 sebesar US$7 miliar.
     
    Mengenai kondisi pelaku Ade mengaku jumlah pelaku TPT semakin menyusut. Saat ini jumlah produsen TPT hanya 3.500 dan 200 diantaranya berada di Jabar. Meski begitu, kondisi tersebut membawa dampak positif karena mengurangi persaingan sehingga banyak pelaku yang memiliki pabrik lebih banyak dari sebelumnya
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus