Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tomcat Serangga Sahabat Petani

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/images-1.jpg

    BANDUNG- Banyaknya serangga kecil dengan panjang kurang lebih satu sentimeter, yang populer dengan nama Tomcat ke rumah penduduk, akibat dari terganggunya habitat mereka. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat, Endang Suhendar.

    Menurut Endang, keberadaan tomcat merupakan serangga yang sudah ada dari dulu dalam lingkungan atau siklus hidup dalam di lading sawah.

    “Tomcat merupakan predator dalam siklur hidup di ladang pesawahan,” ujar Endang, kepada Jabarprov, akhir pekan lalu.

    Endang mengatakan, tomcat sangat membantu para petani dalam membasmi hama yang menyerang tanaman padi, semisal hama wereng.

    “Tomcat itu memang sahabat petani, dari dulu juga ada, dia itu sebagai predator, sekarang ini menyerang karena habitasnya seperti sawahnya sudah mulai menyempit,” tutur Endang.

    Endang menyatakan, perlunya menjaga pola hidup sehat dan hidup bersih untuk menghindari penyakit yang ditimbulkan akibat dari serangan serangga tersebut.

    “Menurut informasi, kita jangan langsung menepuk serangga tersebut jika berada di badan kita, tapi usir dengan cara di tiup, lalu cuci bagian yang tadi terkena tomcat,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus