Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tahun 2014 Waduk Jatigede Siap Beroperasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_3611.JPG

     

    Pemerintah Pusat, sehubungan dengan rencana pembangunan Waduk Jatigede yang sudah direncanakan puluhan tahun yang lalu, serta dengan telah dilakukannya beberapa tahapan dari pembangunan Waduk Jatigede, maka atas pembangunan infrastruktur strategis tersebut, telah menargetkan pembangunan Waduk tersebut dapat beroperasi pada tahun 2014 mendatang.
     
    Sejalan dengan rencana tersebut, mulai Pebruari 2012 telah dibentuk Samsat Waduk Jatigede dan Satuan kerja tersebut sudah mulai bekerja, ungkap Kepala Bappeda Jabar, Deny Djuanda dalam keterangannya kepada wartawan (2/4) di Gedung Sate.
     
    Deny, lebih lanjut memaparkan Samsat Waduk Jatigede diantaranya mempunyai tugas yaitu mengkaji dan membuat solusi aspek sosial budaya dan lingkungan dengan dibangunnya Waduk Jatigede. Sementara itu, untuk pembangunan fisiknya dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Sebagai gambaran tentang soal progress report pembangunan fisik Waduk Jatigede realisasinya kini telah mencapai 71%.
     
    Dengan tahapan pembangunan tersebut, skenario pembangunan Waduk Jatigede ditargetkan dapat diresmikan pembangunannya pada Pebruari 2014 tahun mendatang. Penetapan target tersebut sangat realistis mengingat masyarakat sudah lama menunggu terwujudnya pembangunan waduk tersebut, karena sudah direncanakan 45 tahun silam.
     
    Sementara itu, untuk solusi aspek sosial budaya dan lingkungan termasuk didalamnya pekerjaan pembebasan lahan ditargetkan dapat selesai tahun 2013. Beberapa langkah solusi diantaranya relokasi penduduk, untuk relokasi tersebut diantaranya dilakukan melalui kegiatan transmigrasi dan pemindahan penduduk ke daerah lain di Jabar baik di di wilayah Sumedang maupun Kabupaten/Kota lainnya seperti Majalengka dan Cirebon.Kajian solusi juga disiapkan untuk alih profesi dari masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar wilayah Waduk Jatigede.
     
    Untuk menyelesaikan berbagai kemungkinan akibat dibangunnya Waduk Jatigede,ujar Deny  baik fisi,k sosial, ekonomi maupun lingkungan  dalam waktu dekat akan ditandatangani MoU antara lima Kementerian, satu Gubernur dan empat Bupati.

    <div id="cke_pastebin" justify;="" "="">

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus