Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Netty : Masalah Kependudukan Harus Ditangani Bersama

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Netty-Heryawan15.jpg

    Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan menyebut para pihak yang terkait penanganan masalah kependudukan sebagai Pahlawan Pembangunan. Karena menurutnya merekalah yang paling di depan menangani berbagai masalah kependudukan, baik itu dari sisi aspek sosial, budaya dan ekonomi. Para pihak itu antara lain para Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), penggiat Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). “Bahkan dari sisi pendidikan dan kesehatan pun menjadi perhatian mereka,” tuturnya.
     
    “Mengendalikan masalah kependudukan menjadi agenda utama yang harus ditangani. Karena keberhasilan pembangunan tergantung dari sejauhmana kebijakan dan program mampu menuntaskan permasalahan yang terkait dengan kependudukan. Dimulai dengan mewujudkan ketahanan keluarga yang bermuara pada kesejahterahan keluarga adalah hal yang harus dicapai. Dan semua itu dimulai dari tingkatan di bawah, di lingkungan keluarga hingga terus ke atas,” ujar Netty saat memberikan memberikan sambutan dan membuka Penilaian Ketua kelompok UPPKS, IMP dan PLKB/PKB Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012 di Jayagiri Lembang, Senin (16/4). Turut hadir Kepala BKKBN Jawa Barat Siti Fatonah.
     
    Menurut Netty ajang Lomba ini selain menilai kinerja dan keberhasilan program kependudukan di lapang juga menjadi tempat pertemuan penggiat masalah kependudukan. Diharapkan dengan penilaian tersebut, menjadi bahan evaluasi dalam menyusun program yang lebih baik lagi ke depan. “Diharapkan selama dua hari ke depan (16-17 April), kita mendapatkan hasil, sekaligus memilih perwakilan Jawa Barat dalam ajang penilaian Nasional. Dan sesungguhnya yang hadir di sini adalah para tokoh pembangunan,karena keberhasilan pembangunan berkaitan erat dengan penanganan masalah kependudukan," ujarnya.
     
    Meski demikian, lanjut Netty untuk mewujudkan harapan tersebut, membutuhkan dukungan semua pihak. Karena kenyataan bahwa sejumlah hambatan dan tantangan seringkali hadir di lapangan. Apalagi saat ini realitas Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) adalah 1:3 akseptor. Untuk itu, pihaknya menyambut baik kebijakan  Gubernur Jabar yang memberikan bantuan 1500 Tenaga Penggerak Desa untuk membantu PLKB dalam tugasnya. "Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan penduduk/kependudukan menjadi sangat penting karena mengelola sumber daya alam di negara kita sangat bergantung pada kualitas SDM nya. Dengan kualitas SDM yang handal, maka kendali pengelolaan kekayaan alam ada pada kita sendiri," ujarnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus