Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Produksi Padi di Garut Menyusut 13 Persen

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/sawahb.jpg

     

    Masyarakat Garut sekurangnya mengkonsumsi nasi setiap harinya tidak kurang dari 30 gram. Dengan penduduk 2,4 juta jiwa, dipastikan konsumsi untuk sehari makan menghabiskan 125 ha panen padi. Demikian diungkapkan Bupati Garut H. Aceng Fikri, S.Ag, disela-sela acara panen raya padi pada persawahan seluas 500 hektare di Blok Rancamaya Desa Sukabakti  Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (2/5).
     
    Menurut Bupati Aceng, penduduk Indonesia merupakan paling banyak mengkonsumsi beras sekitar 139 kg/per orang per tahun, berbeda dengan bangsa lain seperti Jepang, Malaysia dan Thailand yang  hanya mengkonsumsi sekitar 60 hingga 75 kg/orang/tahun. Untuk itu pihaknya mendukung upaya pemerintah pusat melalui program ketahanan pnagan nasional, terlebih Undang-Undang No. 41  Tahun 2009 tenntang Sawah Abadi yang menegaskan sawah produktif tidak boleh dialihfungsikan.
     
    Ironisnya, konsumsi beras semakin meningkat tidak berbanding lurus dengan produksi padi, yangdiakibtkankan oleh kelalaian petani dalm menggarap padi. “bayangkan setiap panen padi mereka menyusut hingga 13 persen, karena cara pengurusannya yang salah, sehingga setiap panen padi mereka tercecer”, ujar bupati disela-sela acara.
     
    Ia berharap dengan adanya perlindungan sawah produktif, dapat  mempertahankan surplus yang saat ini mencapai 300 ribu ton per tahun. Kondisi itu diperkuat hasil panen raya padi saat ini menghasilkan sekitar 11 ton per hektar.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus