Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelajar Bogor Harumkan Nama Indonesia

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Muhammad-Luthfi-Nurfakhri-(2).jpg

     

    BANDUNG – Muhammad Luthfi Nurfakhri dari SMA Negeri 1 Bogor memenangkan peringkat ketiga dalam ketegori teknik (elektris dan mekanik) dan mendapatkan penghargaan sebesar US$ 1.000 untuk proyeknya yang berjudul ‘Digital Leaf Color Chart’.
     
    Dia mengikuti kompetisi sains terbesar di dunia untuk siswa sekolah menengah, Intel International Science and Engineering Fair, sebuah program dari Society for Science & the Public dan mengumumkan para pemenangnya di Pittsburgh, Pennsylvania belum lama ini.
     
    Sementara anugerah pertama diraih Jack Andraka, 15 tahun, dari Crownsville, Amerika Serikat untuk penemuan metode baru yang dapat mendeteksi kanker pankreas, pada  acara Intel International Science and Engineering Fair tahun ini.
     
    Dengan menggunakan medium berbasis kertas tes diabetes, Jack berhasil menciptakan sensor celup sederhana untuk menguji darah atau urin untuk menentukan apakah pasien mengidap kanker pankreas stadium awal. Hasil kajian itu memiliki akurasi lebih dari 90 persen dan menunjukkan bahwa sensor ciptaannya yang akan segera dipatenkan ini 28 kali lebih cepat, 28 kali lebih murah dan lebih dari 100 kali lebih sensitif dibandingkan perangkat tes yang telah ada saat ini.
     
    Melalui pencapaiannya itu, Jack berhak menerima penghargaan Gordon E. Moore, sebuah penghargaaan senilai US$ 75.000 yang diberikan untuk menghormati salah satu pendiri dan mantan CEO serta komisaris Intel.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus