Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RAPBN 2013, Harus Prioritaskan Program Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_5500.jpg

    JAKARTA-Anggota Komisi IX DPR RI Herlini Amran, dalam siaran pers yang diterima jabarprov.go.id, Jumat sore (8/6) mengungkapkan   dalam Rapat dengar pendapat dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sudah diusulkan  alokasi Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2013 diprioritaskan untuk program ketahanan dan kesejahteraan keluarga. 

    “Saat ini pagu Anggaran yang diajukan BKKBN dalam RAPBN TA 2013 untuk program pembinaan keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga peningkatan kemandirian keluarga berencana hanya 31,839 milyar dari Pagu Indikatif yang diajukan BKKBN tahun 2013 sebesar Rp. 2,593 triliun.Untuk menghadapi tantangan kedepan yang semakin berat setiap keluarga harus memiliki ketahanan yang kokoh dengan demikian BKKBN sebagai lembaga negara seharusnya mendesain kebijakan yang mampu membangun keluarga berkarakter dengan lebih memprioritaskan program ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

    Hal tersebut juga sejalan dengan Undang-Undang No.52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang menyatakan bahwa Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga adalah kondisi keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik materil guna hidup mandiri dan mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan kebahagiaan lahir dan batin. Sedangkan Pembangunan keluarga adalah upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat.

    Tujuan dari Program pembinaan keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga adalah untuk meningkatkan ketahanan keluarga dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui kegiatan-kegiatan Kelompok seperti Pembinaan Keluarga Balita dan Anak, Pembinaan Ketahanan Remaja, Pembinaan Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, “Justru program-program yang seperti ini yang perlu dioptimalkan BKKBN untuk mencapai pembangnan yang berwawasan kependudukan dalam mewujudkan ketahanan keluarga yang sejahtera,” jelasnya.                  

     

    Program ketahanan keluarga, ujar Herlini  ini tidak semata untuk pengendalian kuantitas penduduk saja, akan tetapi untuk pengembangan kualitas penduduk dan kualitas keluarga juga, sehingga menjadi kekuatan pembangunan bangsa. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus