Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Okupansi Hotel di Jabar Baru 40%

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Herman_Muchtar.jpg

    BANDUNG – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Jabar Herman Muchtar menegaskan, okupansi atau tingkat hunian hotel di Jawa Barat baru mencapai 35-40% atau urutan ke 11 terendah di Indonesia. Menurut Herman, kalaupun ada pihak yang menilai okupansi hotel itu tinggi, itu hanya di akhir pekan dan hanya di wilayah kota-kota besar seperti Kota Bandung saja.

    “Sebenarnya tingkat hunian hotel di seluruh Jawa Barat secara umum baru mencapai 35 hingga 40 persen saja, atau urutan ke-11 terendah seluruh hotel di Indonesia. Kalaupun ada pihak yang menilai okupansi tinggi, itu hanya di akhir pekan, dan hanya di kota-kota besar seperti Bandung” kata Herman, Kamis (21/6).

    Menurut Herman, sebenarnya Jawa Barat potensinya sangat besar untuk dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik. Namun selama ini dukungan dari pemerintah untuk pengembangan pariwisata di Jawa Barat masih kurang.

    “Saya contohkan, di bandara, di terminal bis, atau di stasion kereta api, tidak ada panduan yang disediakan oleh pemerintah jika pengunjung akan berkeliling Jawa Barat, atau misalnya hanya di Bandung saja. Itu kan mempengaruhi citra dari sebuah kota wisata. Jika panduan sederhana seperti itu saja tidak ada, bagaimana dengan fasilitas lain yang memudahkan wisatawan?” ujarnya.

    Herman menegaskan, untuk Bandung saja, PAD dari pariwisata itu mencapai 70 persen atau sebesar 115 milyar lebih. Jika 10% nya saja digunakan untuk media promosi, itu akan sangat membantu.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus