Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Isu Ketahanan Pangan Jadi Perhatian Serius

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/mpu_0489-WEB.jpg

     

    Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam pertemuan forum kerjasama daerah MPU yang berlangsung di Hotel Panghegar, Kota Bandung (28/6) mengungkapkan melalui forum kerjasama daerah MPU diharapkan diperoleh rumusan yang bersifat problem solving atas berbagai masalah yang dihadapi di daerah serta langkah-langkah konkrit dalam meningkatkan efektivitas dan eifisiensi pelaksanaan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.
     
    Saat ini isu ketahanan pangan menjadi agenda global yang mendapatkan perhagian dunia karena adanya ancaman bencana kelaparan di berbagai pelosok dunia yang disebabkan kurangnya ketersediaan pangan seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.
     
    Sementara itu, harga pangan semakin meningkat dan produksi pangan menurun sebagai akibat pengalihfungsian lahan dan perubahan iklim.
     
    Sehubungan dengan hal tersebut, penting untuk dilakukan upaya yang berkaitan dengan ketahanan pangan. Untuk kepentingan hal tersebut, diperlukan langkah-langkah kreatif dan inovatif termasuk dalam kebijakan pembangunan pertanian dan tata kelola pangan bersama-sama dengan masyarakat.
     
    Gubernur, lebih lanjut memaparkan Provinsi Se-Jawa, Bali, Lampung dan Nusa Tenggara dikenal dengan daerah agraris dan memiliki komoditi pangan unggulan di Indonesia. Namun, sejalan dengan proses pembangunan, maka terjadi pergeseran fungsi dari pertanian menjadi industri yang berdampak terhadap penurunan produksi pertanian.
     
    Untuk Jabar, kondisinya masih dalam keadaan tahan pangan, namun potensi ke arah rawan pangan tetap ada. Untuk mengantisipasi hal tersebut, telah dilakukan upaya diantaranya dengan program penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.
     
    Hal lain yang dilakukan untuk mengurangi tingkat ketergantungan masyarakat Jabar terhadap konsumsi beras yang diantaranya dilakukan dengan gerakan one day no rice. Melalui forum kerjasama daerah MPU, ujar Gubernur dapat dihasilkan langkah besar dengan dampak yang signifikan terhadap upaya peningkatan ketahanan pangan baik secara regional maupun nasional. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus