Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rampak Kacapi Akan Jadi Icon Cimahi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/kecIMG_4488.jpg

    CIMAHI – Kesenian Rampak Kacapi diharapkan akan menjadi icon kesenian dari Kota Cimahi. Hal itu diungkapkan penggiat seni atau seniman Kacapi dari Cimahi Nana Ceki, Minggu (15/7), di kantor Kecamatan Cimahi Utara. Menurut Nana, bentuk kesenian Rampak Kacapi ini memang baru ada di Cimahi.

    “Saya berharap ini menjadi kesenian khas atau icon Kota Cimahi, karena satahu saya di daerah lain belum ada bentuk kesenian seperti ini” ujar Nana.

    Rampak kecapi pada umumnya tidak jauh berbeda dengan kesenian Kecapi Suling lainnya. Hanya saja, jika kecapi suling hanya menggunakan 1 atau 2 kecapi ditambah suling, sedangkan kalau Rampak Kecapi, menggunakan lebih dari 5 kecapi.

    “Perbedaan lain, 5 kecapi diantaranya dibunyikan tidak dengan cara dipetik, melainkan dipukul menggunakan bilah bambu kecil seperti lidi. Ini untuk menambah warna bunyi irama saja” jelas Nana.

    Nana yang memebentuk Kacapi Rampak dalam Sunda Pawitan, mengaku sudah pernah membawakan Ramapak Kacapi itu di beberapa tempat termasuk TVRI Bandung, dan sekarang sedang digalakan lagi. Sunda Pawitan sendiri kini secara rutin menggelar latihan di Aula Kantor Kecamatan Cimahi Utara setiap Sabtu malam.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus