Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kebiasaan Masyarakat Penyebab Kenaikan Sembako

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1249-crop-0912.jpg

    BANDUNG-Selasa (17/7).Aspek kebudayaan dan kebiasaan masyarakat menjadi salah satu penyebab naiknya sejumlah kebutuhan pokok menjelang puasa. Demikian dikemukakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan,Ferry Sofwan Arief.

    Menurut Ferry, puasa merupakan hari yang istimewa bagi sebagian besar masyarakat, sehingga mereka berusaha memberikan yang terbaik untuk menyambutnya, termasuk dengan menyediakan berbagai kebutuhan, seperti kebutuhan daging.

    "Kenaikan pada saat munggah atau 1-2 hari sebelum puasa atau hari pertama puasa emang itu yang terjadi, pertama ini karena aspek budaya masyarakat, mereka menilai awal puasa merupakan hari yang istimewa," ujarnya

    Kondisi ini menurut Ferry, kemudian dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menarik keuntungan  sebesar-besarnya dengan menaikan harga jual.

    "Tidak sedikit pedagang eceran yang memanfaatkan moment langka ini untuk menarik keuntungan dengan menaikan harga," ucap Ferry.

    Padahal menurut Ferry, jika masyarakat tidak tergantung dengan kebiasaan tersebut, kondisinya akan normal seperti biasa dan para pedagang juga tidak akan menaikan harga. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus