Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Anggota Panwaslu Kab/Ko Untuk Pilgub/Wagub Dilantik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_8008.gif

    BANDUNG-Ketua Pengawas Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur 2013 Provinsi Jawa Barat, Ihat Subihat, Senin (23/7) melantik 78 orang Anggota Panitia Pengawas Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2013 bertempat di Aula Barat Gd. Sate Bandung. Hadir menyaksikan pelantikan, yaitu : Wagub Jabar Dede Yusuf, Sekda Lex Laksamana, Ketua Bawaslu Pusat Daniel Zuchron dan para pimpinan OPD Provinsi Jawa Barat.

    Ihat Subihat dalam kata-kata pelantikannya, meminta kepada para anggota yang dilantik untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sehingga Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur dapat berjalan dengan sukses dan baik. Diminta untuk menggikuti dan mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu, terutama dalam tahap penyusunan daftar pemilih, jelas Ihat. Jangan sampai ada hak-hak warganegara yang tidak terpenuhkan, tambahnya.

    Pada kesempatan acara pelantikan itu, Ketua Bawaslu Pusat Daniel Zuchron memberikan arahan seputar penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wagub. Menurut Daniel, setiap anggota Panwaslu tidak boleh lalai dalam mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilu. Setiap anggota harus memiliki integritas yang kuat sehingga mampu mengawal pemilu mencapai tujuan demokratisnya.

    Satu hal yang harus mendapat perhatian serius, adalah jangan sampai hak-hak warga negara terabaikan karena suatu kelalaian penyelenggara. Oleh karena itu, sebelum daftar pemilih ditetapkan dan diserahkan kepada penyelenggara, maka setiap anggota Panwaslu harus yakin dan terus memantau bahwa tidak ada hak warga negara yang terabaikan. “Jangan sampai hasil-hasil Pemilu nantinya berujung di Mahkamah Konstitusi, apalagi seperti Jawa Barat ini, yang jumlah penduduknya mencapai 40 jutaan tentu memerlukan perhatian khusus”, demikian pinta Daniel Zuchron.

    Hal senada dikemukakan Wagub Jabar Dede Yusuf  ketika diwawancara para wartawan. Menurutnya, jangan sampai Pemilu dikotori hanya tidak tercantumnya seseorang yang berhak memilih karena kelalaian penyelenggara yang akhirnya berujung pada gugatan.

    Agar tidak terjadi gugatan dalam setiap tahapan penyelenggaraan pemilu, maka semua pihak yaitu Panwaslu dan KPU hendaknya terus memantau dan bekerja sesuai perundang-undangan yang ada. “Kita yakin, Pemilu Gubernur dan Wagub akan berjalan dengan aman seraya berharap berlangsung hanya satu putaran agar anggaran tidak berlebihan, demikian harapan Wagub Dede Yusuf.  

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus