Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kiwi Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1536-000.gif

    BANDUNG-Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia yang berasal  dari Shaanxi, Cina.

     
    Buah yang memiliki nama awal Gosberi Cina ini, adalah salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi jika dibandingkan dengan berbagai macam buah lainya, seperti memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dan lima kali nutrisi 
    dibanding apel.
     
    Selain memiliki kandungan vitamin c yang tinggi serta kaya nutrisi, buah yang memiliki bentuk oval sebesar telur ayam ini juga kaya akan serat, sehingga  yang memiliki manfaat terhadap proses pencernaan tubuh serta kesehatan manusia.
     
    Buah yang memiliki kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang dengan biji kecil, hitam serta bisa dimakan, ternyata mengandng enzim unik yang terdapat di dalamnya, yaitu Actinidin, yang berfungsi mencerna protein sehingga lebih mudah diserap 
    oleh tubuh. 
     
    Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Fiastuti Witjaksono mengatakan, dalam proses pencernaan mulai dari mulut hingga usus halus, tubuh membutuhkan berbagai enzin pencernaan, yaitu protease (untuk mencerna protein), lipase (untuk 
    mencerna lemak) dan ensim amilase (untuk mencerna karbohidrat).
     
    "Buah kiwi hijau mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, prebiotik serta enzim actinidin untuk membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah di serap, sehingga sangat baik untuk di konsumsi," ucapnya.
     
    Menurut Fiastuti, protein yang diserap dengan baik akan memberikan manfaat sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak dan menjaga agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik.
     
    "Siapapun boleh mengkonsumsi kiwi, termasuk anak-anak diatas 1 tahun penderita diabetes dan ibu yang ingin cepat hamil karena kiwi kaya akan asam folat,minimal kita konsumsi 5 porsi atau dua buah per hari," tutur wanita berkacamata ini.
     
    Sementara itu, Market Development Manager Zespri untuk Indonesia, Yuyuh Sukmana mengatakan karena mengandung enzim actinidin, sehingga kiwi memiliki efek untuk melunakkan daging. 
     
    "Kemampuan enzim actinidin inilah membawa kami di Zespri Internasional untuk menyelidiki  lebih lanjut mengenai peran Zespri Green Kiwifruit pada pencernaan, hasilnya membuktikan bahwa Zespri Green Kiwifruit membantu proses pencernaan," ujarnya.
     
    Menurut Yuyuh, riset yang dilakukan akan sangat membantu untuk meningkatkan kesadaran konsumen secara global terhadap manfaat buah kiwi Zespri dan menyampaikan bagaimana buah ini dapat memperkuat daya tahan tubuh.
     
    "Buah kiwi Zespri adalah buah kesehatan, karena memilik kandungan actinidin, serat pada kiwi membantu pencernaan protein lebih baik, membantu menjaga kadar gula dan lemak darah, serta menjaga kesehatan usus, juga dapat meningkatkan vitalitas," katanya.
     
    Olga Lydia, Brand Ambassador Zespri untuk Indonesia, mengatakan bahwa Zespri Internasional yang berkedudukan di New Zealand yang memasarkan buah kiwi ke lebih dari 70 negara termasuk Indonesia, khususnya Jabar. 
     
    "Kiwi masuk Indonesia awal tahun 2000, dan jumlah masyarakat yang mengkonsumsinya terus meningkat dengan pengiriman mancapai 2.400 ton setiap tahunnya," pungkas Olga. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus