Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Iedul Fitri 1433 H, Jatuh pada Hari Minggu, Tgl. 19/8/2012

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Mesjid.jpg

    JAKARTA-Berdasarkan Sidang Dewan Itsbat di Kementrian Agama RI,pada Sabtu (18/8) pukul 16.30, yang dihadiri oleh para pimpinan Ormas Islam, Menteri Agama RI Suryadarma Ali menetapkan bahwa 1 Syawal 1433 H/2012 jatuh ada Hari Minggu (19/8).

    Menurut Menag Suryadarma Ali, dasar penetapan tersebut adalah sebagaimana perhitungan dengan metode hisab dan ru’yat. Berdasarkan hisab, diyakini bahwa hilai sudah diatas dua derajat, jelas Menag.

    Menurut para astronomi yang menyertai pengamatan hilal, bahwa didaerah tertentu, yaitu Kupang dan Makasar, hilai sudah diatas enam derajat dan sudah terlihat. Sedangkan untuk Kawasan Bandung, dan Pelabuhanratu, hilal tidak terlihat karena terhalang awan tebal walaupun ketinggian hilal sudah diatas dua derajat.

    Maka atas dasar perhitungan dan ru’yat di berbagai daerah itu, maka Menteri Agama menetapkan bahwa Iedul Fitri 1 Syawal 1433 H, jatuh pada Hari Minggu, Tanggal 19 Agustus 2012. Tidak ada perbedaan diantara Ormas Islam yang hadir pada Sidang Dewan Itsbat tersebut.

    Sementara itu, pihak Ormas Muhammadyah, jauh-jauh hari sudah menetapkan bahwa 1 syawal 1433 H, jatuh pada Hari Minggu (19/8) dan menyatakan tidak akan hadir.

    Hanya saja untuk dikemudian hari sebagaimana diutarakan Menag Suryadarma Ali, bahwa harus ada kesepakatan seluruh Ormas Islam dalam hal penentuan kriteria dan metode penetapan awal bulan Ramadhan sehingga terdapat lagi perbedaan. Atas saran-saran tersebut, Menag RI berjanji akan menindaklanjuti.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus