Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Trend Pendidikan Di Jabar Membaik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0100.jpg

    BANDUNG-Kondisi eksisting pendidikan di Jabar kendati target maksimal belum tercapai, tetapi trend perkembangannya membaik, papar Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Negara Pakuan, Kamis sore (30/8).

    Gubernur,  atas kondisi pendidikan di Jabar mengungkapkan, trendnya  kian membaik  terlihat dari  beberapa indikator,  diantaranya angka partisipasi pendidikan. Untuk angka partisipasi pendidikan, tingkat SD sederajat di tahun 2008 yang baru mencapai 95% dan dalam tahun ini meningkat menjadi 115%.

    Angka partisipasi SMP dan sederajat, di tahun 2008 yang baru mencapai 87%, juga telah mengalami kenaikan. Kondisinya sekarang telah mencapai 95%. Kenaikan angka partisipasi juga terjadi untuk jenjang SLTA, dimana di tahun 2008 baru mencapai 51%, kondisi sekarang telah mencapai 60%.

    Menurut Gubernur,  dengan telah tercapainya beberapa kemajuan dari pembangunan pendidikan di Jabar, harapannya dapat mencetak SDM-SDM unggul sehingga output yang dihasilkan dapat melahirkan SDM yang kompetitif.
    Untuk mengejar target tersebut, berbagai langkah perbaikan baik fisik maupun non fisik, seperti SDM terus ditingkatkan. Perbaikan fisik direalisasikan melalui langkah pembangunan sekolah baik melalui rehab sekolah maupun pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB).

    Rehab bangunan sekolah di tahun ini dilaksanakan secara besar-besaran yaitu 13.500 unit untuk SD dan sederajat. Kemudian, 3.500 unit untuk SMP dan sederajat. Sementara itu, untuk RKB ada 6.000 unit.

    Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, salah satunya direalisasikan melalui pemberian penghargaan untuk para tenaga pendidik yang terbukti mempunyai prestasi dan dedikasi. Untuk tahun ini, bagi tenaga pendidik yang dapat meraih penghargaan tersebut akan diberikan fasilitasi berupa tour pendidikan ke Jepang. Fasilitasi tersebut, ujar Gubernur juga mendapat dukungan dari JICA. (Nur)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus