Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Koordinasi Lintas Kementerian Kunci Pencapaian Pembangunan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Ledia-Hanifa.jpg

    JAKARTA- Dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2013, sebagai pelaksanaan tahun keempat dari RPJMN 2010-2014, Pemerintah bersama-sama dengan DPR telah sepakat untuk menetapkan tema pembangunan nasional 2013, yakni "Memperkuat perekonomian domestik bagi peningkatan dan perluasan kesejahteraan rakyat", maka keseluruhan program Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) 2013 pun harus mengarah pada tema ini.

    Pernyataan ini disampaikan Ledia Hanifa Amaliah, anggota komisi VIII DPR RI dalam Rapat Gabungan Menteri-menteri dan Kepala BNPB dengan Komisi VIII DPR RI mengenai pembahasan RKAKL tahun 2013, yang releasenya Rabu (5/9) disampaikan ke redaksi jabarprov.go.id.

    Contohnya, kata Ledia, pada pelaksanaan grand design pengembangan industri rumahan sebagai implementasi dari penerapan kebijakan selayaknya berkoordinasi dengan Kementerian sosial yang mengelola KUBE, Kementerian Koperasi dan UKM agar implementasinya lebih luas dan lebih bermanfaat.

    Koordinasi dan komunikasi lintas Kementerian dan lembaga menjadi kunci penting dalam pelaksanaan rencana kerja dan anggaran masing-masing Kementerian dan lembaga. Hal ini dikemukakan anggota dewan dari FPKS ini dengan mengingat beberapa program kerja Kementerian memiliki irisan satu sama lain.

    Selain dapat memperkuat daya dorong program yang ada, koordinasi lintas Kementerian ini juga memungkinkan terserapnya anggaran program yang ada secara lebih efektif dan memiliki dampak lebih besar bagi masyarakat.

    “Selama ini banyak program Kementerian dengan pagu anggaran masing-masing yang sesungguhnya beririsan namun berjalan sendiri-sendiri. Sehingga terkadang terjadi tumpang tindih sasaran program atau tidak tersebar meratanya area sasaran program. Sayang sekali.” kata Ledia mengingatkan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus