Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Trend Impor Buah-Buahan Ke Indonesia Alami Peningkatan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0979-crop.jpg

    BANDUNG-Menteri Pertanian Suswono dalam pembukaan September Horti Ceria yang berlangsung di Lapangan Gazibu, Senin (10/9), mengungkapkan berdasarkan data statistik impor buah-buahan yang masuk ke pasar Indonesia menunjukkan trend yang meningkat dalam 5 tahun terakhir.

    Di tahun 2011, BPS melaporkan nilai impor buah-buahan Indonesia mencapai 411,57 juta US$ atau sekitar Rp.3,7 trilyun atau kurang lebih Rp. 308 milyar/bulan. Semenhtara itu, pada Januari sampai Agustus tahun 2012, nilai impor buah-buahan telah mencapai 1,5 juta US$ atau Rp.140 milyar.

    Dari sisi volume, impor produk hortikultura masih ada dalam kondusi relatif sangat kecil dan wajar, yaitu hanya sekitar 6%sampai 7% dari produksi di dalam negeri. Namun, hal tersebut perlu disikapi dengan tepat agar tidak terus meningkat.

    Hal yang harus dilakukan, dengan meningkatkan produksi dan mutu produk-produk hortikultura sehingga mampu bersaing dengan produk impor terutama dalam menghadapi era pasar bebas. Adapun strategi yang harus ditempuh yaitu dengan mempromosikan buah-buahan tropis serta komoditas hortikultura lainnya sebagai pilihan prioritas dan cerdas karena dipastikan aman dan sudah pasti lebih segar dalam arti yang sebenarnya.

    Hal lain yang mesti dilakukan, adalah menggelorakan semangat mencintai produk pertanian dalam negeri, sebagai gambaran yang faktual untuk even kegiatan dengan menggunakan anggaran negara baik APBN/APBD tidak menggunakan produk buah-buahan impor dalam acara jamuan makanan/minuman. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus