Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hari Perhubungan Nasional, Pemprov. Jabar Ungkap Kondisi Infrastruktur Perhubungan Strategis

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/disIMG_4644.jpg

    BANDUNG- Hari Perhubungan Nasional resmi diperingati oleh pihak Pemprov. Jabar melalui upacara bendera yang dipusatkan di Halaman Gedung Sate (2/10). Bersamaan dengan rangkaian kegiatan tersebut, diungkapkan kondisi infrastruktur perhubungan strategis di Jabar.

    Dalam release yang diterima jabarprov.go.id Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan memaparkan ada sejumlah infrastruktur perhubungan strategis di Jabar  antara lain : rencana pembangunan Bandara Internasional Jabar (BIJB) Kertajati Majalengka, pembangunan pelabuhan laut serta  pembangunan dan pengembangan angkutan massal berbasis kereta api dan angkutan massal berbasis jalan raya.

    Perkembangan atas rencana pembangunan BIJB, kini telah dilaksanakan kesepakatan bersama Kementerian Perhubungan RI dengan Pemprov. Jabar. Isi kesepakatan tersebut, memuat  kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan bandara baru di Kabupaten Majalengka. Untuk pembangunan konstruksi bandar udara direncanakan mulai tahun 2013.

    Untuk pembangunan pelabuhan laut, Pemprov. Jabar telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan akan mengembangkan Pelabuhan internasional Cilamaya Kabupaten Karawang serta pelabuhan regional yang ada di Jabar.

    Pemprov. Jabar, atas rencana pembangunan Pelabuhan Internasional telah melakukan beberapa studi kelayakan dan penggalangan investor. Sementara itu, untuk pengembangan pelabuhan laut regional Pemprov. Jabar telah membuat pranata berupa : studi kelayakan pelabuhan laut regional di wilayah Jabar bagian selatan, penyusunan master plan pelabuhan laut regional di wilayah Jabar selatan serta detail engineering design pelabuhan laut regional di wilayah Jabar selatan yaitu di Pelabuhan ratu, Kabupaten Sukabumi.

    Sementara itu, sambung Gubernur untuk pengembangan angkutan massal berbasis kereta api dan angkutan massal berbasis jalan raya, Pemprov. Jabar bersama Kementerian Perhubungan sedang membangun shortcut dari Cibungur (Kabupaten Purwakarta) ke Tanjung Rasa (Kabupaten Subang) sepanjang 10,4 KM yang direncanakan dapat beroperasi pada tahun 2016.

    Pemprov. Jabar bekerjasasama dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Perancis sedang melakukan proses pembangunan Kereta Api Listrik dari Cicalengka ke Padalarang dimana diharapkan sarana tersebut dapat beroperasi tahun 2015.

    Pemprov. Jabar dengan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan berupaya untuk merevitalisasi kereta api di Jabar dengan tujuan untuk mengurangi beban lalu lintas di jalan raya yaitu untuk jalur dari Bandung-Cianjut-Sukabumi-Bogor, jalur eksisting dari Cicalengka ke Padalarang, jalur kereta api Rancaekek-Jatingangor-Tanjungsari dan jalur lainnya yang sudah tidak aktif.

    Pemprov. Jabar, bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Jepang sedang memproses rencana pembangunan kereta api cepat dengan maksimum 350 KM/jam dengan rute Jakarta-Bandung-Bandara Internasional Jabar di Majalengka-Cirebon yang direncanakand apat beroperasi tahun 2020.

    Gubernur, menambahkan Pemprov. Jabar bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dan Pemkab/Pemkot sedang membangun dan melakukan promosi penggunaan angkutan massal terutama di PKN diantaranya pengembangan angkutan massal di Kota Bandung berupa penambahan 18 bus untuk operasionalisasi pengembangan Trans Metro Bandung koridor 2 di jalur tengah Kota Bandung.

    Pengembangan angkutan umum massal  trans Pakuan di Kota Bogor dan Bus Rapid Transit Trans Patriot di Kota Bekasi serta di Trans Grage di Kota Cirebon

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus